Seputar Proses Pembuatan Furniture Dan Perlengkapan Yang Wajib Ada

Proses pembuatan furniture yang terbuat dari bahan kayu membutuhkan waktu pengerjaan dan ketelitian yang tinggi, agar hasilnya berkualitas. Fungsi furniture bukan sekedar benda fungsional saja namun lebih dari itu, furniture bisa menjadi benda yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sekarang ini permintaan furniture semakin meningkat dan menjadikan bisnis pembuatan furniture menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Proses pengerjaan furniture memiliki tingkat kepentingan yang berbeda-beda dan memerlukan pemeriksaan yang juga berbeda. Prosesnya dimulai dari konsep atau membuat desain, penggergajian, proses pengeringan, pembahanan dasar, pembuatan konstruksi, proses perakitan dan terakhir finisihing.

Setiap proses membutuhkan prioritas dan peralatan yang berbeda-beda. Nah berikut ini beberapa peralatan yang harus Anda miliki jika akan menjalankan bisnis ini atau sekedar membuat furniture untuk kebutuhan sendiri.

Baca juga: TIPS MEMULAI BISNIS PEMBUATAN FURNITURE

Sander Machine

Sander machine atau dikenal sebagai mesin amplas adalah sebuah alat yang fungsinya untuk menghaluskan bagian permukaan kayu. Mesin ini menggunakan tenaga listrik agar bisa berfungsi.

Drilling Machine

Mesin yang dikenal sebagai mesin bor ini adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam bidang pertukangan. Biasanya digunakan untuk memperbesar atau membuat lubang pada kayu atau dinding. Mesin ini menggunakan tenaga listrik.

Table Saw

Seperti namanya, peralatan ini berupa meja gergaji yaitu meja yang sudah dilengkapi alat pemotong yang menggunakan tenaga listrik dan bisa bergerak secara otomatis. Sementara penggunanya bisa dengan bebas menggerakkan kayu atau benda lainnya yang akan dipotong.

Spray Gun

Spray gun adalah peralatan yang digunakan untuk menyemprot cat cair ke bidang permukaan furniture. Menggunakan alat ini lebih praktis dan cepat dibandingkan menggunakan kuas cat. Biasanya alat ini menggunakan tenaga udara yang diberi tekanan dari mesin kompresor.

Air Compressor

Alat ini digunakan untuk memberikan tekanan pada udara yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Alat inilah yang menjadi sumber tenaga spray gun dan beberapa jenis mesin lainnya.

Block Plane

Di Jawa alat ini disebut pasha yaitu alat untuk membentuk balok kayu. Bisa juga untuk mengurangi ketebalan, menghaluskan permukaan kayu yang kasar dan memberikan aspek dekorasi.

Trimmer Machine Atau Router Machine

Kedua jenis mesin ini wajib dimiliki untuk proses pengerjaan furniture. Fungsinya adalah untuk merapihkan sambungan pada kayu dan membuat lengkungan pada setiap sisi. Selain itu alat ini bisa digunakan untuk membuat celah sambungan. Perbedaannya pada mesin trimmer memiliki ukuran yang kecil. Anda bisa menggunakan trimmer atau router sesuai dengan kebutuhan. Jika profil kayu ukurannya besar bisa gunakan mesin router.

Demikian informasi seputar peralatan pembuatan furniture yang harus atau wajib dimiliki. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *