Ringkasan Sejarah Perkembangan Furniture Dunia

Perabotan atau furniture menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak awal sejarah peradaban manusia. Furniture dunia memiliki sejarah yang sangat panjang. Bukti furniture sudah ada sejak jaman dulu terbukti dengan penemuan lukisan dinding sampai periode zaman Neolitik yang ditemukan di Pompeii. Selain itu juga dengan ditemukannya patung-patung di Piramida Mesir dan penemuan sejarah masa lalu lainnya.

Dengan penemuan benda-benda bersejarah tersebut dapat diidentifikasikan setiap periode perkembangan furniture dunia, mulai dari gaya, bahan dan desainnya. Bukti sejarah tersebut jungan mengungkapkan bahan yang digunakan dan gambaran bentuk furniture yang dirancang.

Berikut ini kita akan mengulas beberapa periode furniture yang pernah ada. Dengan harapan dapat memberikan informasi berupa gambaran dasar waktu sejarah desain perkembangan furniture dunia.

Neolithic Furniture

Sebuah situs digali di Skare Brae, Orkney kurang lebih berasal dari 3100-2500 SM menemukan berbagai furniture dari bahan batu. Hal ini karena di Orkney kekurangan bahan kayu. Orang-orang dari Skara Brae kemudian dipaksa untuk membuat bangunan dan furniture dari batu yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai perlengkapan rumah tangga.

Setiap rumah dilengkapi bermacam-macam furniture dari batu, mulai dari lemari, meja, kursi dsb. Secara simbolis lemari dari batu merupakan furniture paling penting dan disimpan di depan pintu masuk setiap rumah.

Ancient Egyptian Furniture

Kondisi iklim hyperarid di Mesir sejak millennium ke-3 SM adalah iklim yang sempurna untuk melestarikan bahan-bahan organic. Berkat adanya iklim tersebut furniture Mesir kuno dapat ditemukan dari berbagai situs, salah satunya di Tarkhan yaitu sebuah tempat tidur kuno yang berasal dari 2550 SM, ada juga kursi kuno yang ditemukan di makam Ratu Hetepheres.

Penemuan lainny adalah kotak kuno, kursi dan tempat tidur. Ada dua model furniture yang ditemukan terbuat dari emas yang sudah disepuh untuk hiasan furniture yang ditemukan di makam Firaun.

Ancient Greek Furniture

Desain furniture dari jaman Yunani kuno yaitu tahun ke-2 SM yang ditemukan salah satunya adalah kursi klismos yang terkenal. Pada tahun 1738 dan 1749 penggalian Herculaneum dan Pompeii memperlihatan kesempurnaan furniture pada zaman Romawi kuni yang masih awet karena terkan abu letusan gunung berapi Vesuvius.

Karakteristik furniture ini dipengaruhi oleh desain furniture kuno dengan bentuk persegi panjang dan kaku. Pada abad ke-4 dan ke-5, orang-orang Yunani kemudian mengembangkan furniture dengan gayanya sendiri yaitu lebih melengkung.

Perkembangan furniture zaman kuno yang kita bahas tersebut hanya sebagian dari banyaknya perkembangan furniture dunia lainnya. Masih ada sejarah perkembangan furniture lainnya yang menarik untuk dibahas seperti: Medieval, Renaissance, Jacobean, Colonial, Rococo, Revival, Art Noveau, Bauhaus, Art Deco dan Modern furniture yang kita kenal seperti sekarang ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *