Rak Buku, Furniture Minimalis untuk Rumah Masa Kini

Bagi yang mempunyai hobi membaca dan tinggal di rumah bergaya minimalis, tentunya ingin memiliki rak buku bergaya simpel yang tidak hanya bisa menjadi tempat untuk menyimpan buku agar tertata rapi, namun juga akan memilih rak buku dengan gaya yang sesuai. Model rak buku dalam bagian furniture minimalis memang menjadi incaran pemilih rumah yang ingin menampilkan intelektualitas yang dipadukan dengan gaya yang unik dan menarik.

Jika biasanya rak buku hanya berbentuk kotak, maka dalam furniture minimalis akan ada banyak model rak buku yang bisa dipilih. Tak hanya bisa berfungsi sebagai tempat buku, namun juga berfungsi sebagai hiasan pada ruangan atau dinding.

Untuk mendapatkan rak buku yang tepat sebagai tempat menata buku serta pemanis ruangan, beberapa hal berikut ini bisa menjadi pedoman:

  1. Ukuran Ruangan

Sebelum membeli rak buku, perhatikan dulu ukuran ruangan yang akan menjadi tempat rak buku tersebut. Apabila ingin membeli rak gantung, ukur bagian dinding, sedangkan jika ingin membeli rak buku yang diletakkan di lantai, maka selain mengukur dinding, juga harus mengukur luas lantai atau ruangan. Pastikan ukuran rak buku tidak membuat ruangan semakin sempit.

  1. Bahan Rak Buku

Ada banyak bahan rak buku yang bisa menjadi pilihan, tak hanya kayu saja, namun kini juga ada rak buku yang terbuat dari logam atau kaca. Untuk kayu tipis biasanya harganya lebih murah, sedangkan untuk rak yang terbuat dari material logam atau kayu tebal biasanya selain memiliki kualitas yang tinggi, juga memiliki harga yang lebih mahal.

  1. Fungsi Rak Buku

Meskipun namanya adalah rak buku, akan tetapi dengan modelnya yang saat ini lebih variatif membuat rak buku juga bisa digunakan untuk menjadi tempat hiasan-hiasan  atau tempat penyimpanan barang-barang lain, seperti foto, vas, atau video game. Dengan mengetahui jumlah buku yang akan ditata atau barang lain yang diletakkan di rak tersebut, maka ini juga bisa cara untuk memilih rak yang tepat.

  1. Rak Buku Berpintu

Ada dua jenis rak buku yang bisa menjadi pilihan, apakah rak buku tanpa pintu, atau rak buku berpintu. Apabila ingin melindungi buku dari debu dan kotoran, maka rak buku berpintu bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika ingin memperlihatkan koleksi buku, tentunya bisa memilih rak buku tanpa pintu. Namun, jika ingin melindungi debu namun tetap ingin koleksi buku terlihat, maka bisa dipilih rak buku dengan pintu kaca.

  1. Rak Buku Multifungsi

Rak buku selain bisa digunakan untuk tempat buku atau tempat hiasan, rak buku juga bisa digunakan untuk menyekat ruangan. Oleh karena itu, jika ingin memfungsikan rak buku sekaligus sebagai penyekat ruangan maka bisa dengan memilih rak buku dengan ukuran besar dan tentunya harus disesuaikan dengan ukuran ruangan yang hendak disekat.

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan dalam memilih furniture minimalis berupa rak buku yang juga bisa difungsikan untuk beragam hal seperti untuk hiasan dan penyekat ruangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *