Ragam Perabot Kantor dan Kegunaannya

Untuk mendukung aktifitas kerja di kantor tentunya dibutuhkan perabot kantor yang dapat membantu serta mempermudah penyelesaian pekerjaan. Ada beragam perabot yang harus dimiliki sebuah kantor sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Berikut ini adalah beragam perabotan yang ada di kantor beserta dengan kegunaannya:

Meja Kerja

Meja kerja atau meja kantor haruslah ada di setiap kantor, meja kerja ini tak hanya digunakan oleh pimpinan, namun juga dipergunakan oleh para karyawan. Biasanya jumlah meja kerja menyesuaikan dengan jumlah karyawan yang ada. Meja kerja biasanya memiliki bentuk serta luas yang tidak terlalu besar, sehingga segala macam barang yang ada di atas meja bisa dijangkau dengan tangan, selain itu luasnya selain bisa digunakan untuk menulis juga untuk meletakkan komputer atau laptop. Untuk luas meja biasanya menyesuaikan dengan kedudukan atau jabatan, orang yang memiliki jabatan dan kedudukan lebih tinggi di kantor biasanya mejanya lebih luas dibandingkan karyawan dengan kedudukan biasa.

Meja kerja yang baik juga harus memiliki ruang terbuka pada bagian bawah, hal ini bermanfaat untuk peredaran udara agar bisa lancar sehingga kaki para karyawan tidak terasa panas. Permukaan meja sebaiknya juga tidak mengkilat agar tidak menyilaukan mata.

Meja Rapat

Jenis perabot kantor lain yang harus ada di kantor adalah meja rapat. Sebagaimana namanya, meja ini memiliki kegunaan untuk digunakan rapat. Ukuran meja ini memiliki ukuran yang luas dan besar karena harus digunakan untuk alas menulis belasan orang. Meja rapat ini memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk oval atau bulat, ada juga yang berbentuk persegi panjang.

Kursi

Kursi kantor yang baik memiliki bentuk yang sesuai dengan bentuk badan sehingga kesehatan karyawan terjaga, selain juga harus kokoh agar tidak cepat rusak. Untuk kursi karyawan dan kursi pimpinan biasanya memiliki perbedaan. Untuk kursi pimpinan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kursi karyawan, Ada beberapa jenis kursi kantor, ada yang statis, namun ada juga yang bisa berputar 360 derajat.

Lemari Rak

Pada sebuah kantor tentunya memiliki beragam file serta dokumen yang perlu disimpan, itulah gunakanya ada lemari rak yang memang berguna untuk menyusun serta menyimpan file perusahaan. Dengan adanya lemari ini file akan lebih tertata dengan rapi.

Filing Cabinet

Filing Cabinet biasanya memiliki 4 kotak dari bagian bawah ke atas yang dapat ditarik. Kegunaan filing cabinet ini adalah untuk menyimpan file serta map yang memiliki ukuran 25 x 35 cm.

Beberapa perabot kantor tersebut bisa dikatakan adalah barang-barang wajib yang harus ada di setiap kantor, selain untuk mendukung kerja para karyawan, juga untuk mendukung perusahaan agar bisa terlihat lebih profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *