Pilihan Kayu Terbaik untuk Pembuatan Furniture

Saat ini berbagai jenis furniture sudah muncul demi bisa menjalankan fungsinya sebagai pengisi interior rumah. Furniture mampu mengisi setiap jengkal interior dalam rumah. Kini sudah ada banyak sekali jenis furniture mulai dari meja, kursi, lemari dan lainnya dengan bahan yang juga berbeda. untuk bahan dasarnya banyak yang menggunakan kayu dan ada juga yang menjadikan plastik dan metal sebagai bahan dasarnya. Dalam pembuatan furniture ini ada beberapa kayu terbaik yang biasanya direkomendasikan.

Indonesia adalah negeri yang amat kaya dengan berbagai sumber daya alam yang tersedia. Salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan adalah kayu dimana bisa difungsikan untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk bahan dasar membuat furniture. Berikut ini beberapa jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat furniture:

  • Kayu jati

Kayu yang satu ini merupakan kayu yang paling banyak dikenal di Indonesia karena jenis kayu ini memang terkenal kuat dan tahan lama. Kualitas kayunya yang terbaik pun kerapkali menjadikan furniture kayu jati Indonesia bisa menembus pasaran luar negeri karena eksklusif. Setiap furniture dari kayu jati selalu mampu memberikan kesan yang mewah dan keindahan tekstur nan elegan. Kandungan minyak di dalam kayu jati mampu membuat kayu ini lebih tahan pada jamur dan serangga lain.

  • Kayu mahoni

Selanjutnya ada kayu mahoni yang banyak dipakai untuk pembuatan mebel. Harga furniture yang terbuat dari kayu mahoni cenderung lebih murah jika dibanding dengan kayu jati. Hal ini lantaran kandungan minyaknya yang kurang sehingga serangga mudah hadir. Meski begitu, kualitas kayu mahoni pun sebetulnya tak kalah dari kayu jati sehingga banyak dipakai dalam pembuatan furniture.

  • Kayu snorkeling

Mungkin banyak di antara Anda yang kurang familiar dengan jenis kayu yang satu ini. Kayu ini memang memiliki karakter unik dimana memiliki warna merah tua ataupun ungu serta memiliki garis gelap hitam natural dengan kerasnya batang. Kayu snorkeling disebut-sebut bisa tahan terhadap air sehingga tidak akan mudah berjamur dan lebih awet dibanding kayu lain.

  • Kayu akasia

Pohon akasia tentu sudah familiar di mata Anda. Ternyata batang dari pohon ini juga banyak dipergunakan untuk bahan membuat mebel. Karakternya yang mirip dengan kayu jati menjadikan kayu jenis ini banyak diburu. Ketahanannya dalam menghadapi serangga juga menjadi keunggulannya. Tetapi karena sensitifitas nya dalam bertemu kondisi lembab menjadikan kelemahannya.

Itulah beberapa jenis kayu yang biasa dipakai dalam pembuatan furniture. Setiap jenis kayu tentu memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri sehingga jika Anda ingin membelinya maka juga harus cermat menilai karakteristiknya sehingga bisa memberikan perawatan lebih baik yang menjadikannya makin tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *