Pilih-pilih Kursi Tamu, Sesuaikan dengan Konsep Ruangan!

Di dalam menata interior rumah, kursi tamu memegang peranan yang penting karena perabotan inilah yang akan menjadi perhatian utama para tamu yang datang ke rumah Anda. Jika mereka datang, Anda tentu memiliki niat untuk memperlihatkan rumah Anda dalam kondisi yang sebagus mungkin, bukan? Karena seringnya kursi ini menjadi focal point utama para tamu tersebut, tak ada salahnya Anda memberikan perhatian ekstra saat memilihnya.

Namun jangan berasumsi bahwa untuk membuat tamu terkesan, maka Anda harus memiliki kursi untuk ruang tamu yang mewah. Memang, harga yang tinggi dan bahan yang jelas-jelas mahal akan memberikan kesan pertama yang membuat tamu berdecak kagum. Tapi ketika kursi tersebut ternyata tak nyaman atau sama sekali tak cocok dengan suasana di ruang tamu secara keseluruhan, tentu kesan yang diberikan tak lagi bagus.

Karena itulah, ada beberapa hal yang harus Anda ingat di saat memilih kursi tamu Anda:

  • Sesuaikan dengan konsep ruang tamu

Sebelum Anda membeli kursi, amati dan pikirkan dulu. Cocok kah kursi ini dengan konsep ruang tamu Anda? Kursi minimalis yang modern jelas tak akan cocok disandingkan dengan ruang tamu bergaya klasik, seberapa pun mahalnya. Jangan sampai tema kursi dan ruangan Anda bertabrakan.

  • Kenyamanan

Kursi atau sofa tamu yang mewah dan mahal tak ada gunanya jika membuat yang duduk tak betah. Bayangkan kalau Anda duduk menjamu tamu di kursi yang keras dan membuat sakit. Tamu tentu tak betah. Selain itu, Anda juga mungkin akan sering duduk bersantai di ruang tamu. Jadi buatlah senyaman mungkin.

  • Pemilihan materi

Materi ini akan mempengaruhi kualitas dari meubel yang Anda pilih. Kalau Anda memilih meubel kayu jati, tentu perabotan ini akan bertahan lebih lama daripada yang lainnya. Tapi ingatlah untuk tetap menyesuaikan dengan tema ruangan.

Baca Juga: JANGAN BURU-BURU MEMBUANG KURSI ANTIK ANDA!

  • Awet

Kalau Anda sering menerima tamu atau sekaligus membuat ruang tamu dan keluarga jadi satu, sekalian saja pilih meubel yang Anda tahu bakal awet. Daripada Anda harus membeli terus-terusan setiap tahun karena rusak, lebih baik beli yang bagus sekalian.

Jangan ragu untuk mencari perabotan di banyak tempat agar referensi Anda semakin luas. Dengan cara ini, Anda juga mendapatkan harga yang terbaik. Tapi kalau ternyata desain kursi yang Anda inginkan tidak ketemu juga, Anda bisa mempertimbangkan untuk memesannya secara khusus dan melakukan custom design. Memang, harganya juga jadi lebih mahal, tapi Anda akan mendapatkan kursi atau sofa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Tentu saja, dalam memilih jasa untuk custom design kursi tersebut, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, seperti:

  • Dimensi

Pastikan bahwa kursi pesanan Anda bisa masuk dalam ruangan dan tak terlalu besar atau kecil. Selain itu, pastikan juga posisi di mana Anda akan meletakkan kursi tersebut.

  • Pengiriman

Pikirkan juga bagaimana nanti kursi-kursi tersebut akan dikirimkan ke tempat Anda, dan pastikan juga bahwa kursi bisa masuk lewat pintu depan rumah.

  • Tunjukkan desain

Supaya pesanan tak salah, berikan desain yang Anda inginkan kepada pembuat kursi tersebut.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda memilih kursi tamu dan saat memesan custom design. Pilihan terakhir tersebut tentu saja hanya Anda perlukan kalau ingin tampilan yang unik bagi ruang tamu. Tapi kalau tidak, meubel-meubel yang dijual jadi di toko sudah lebih dari cukup, selama Anda menyesuaikannya dengan konsep ruang tamu Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *