Perlunya Melakukan Survey Harga Furniture Sebelum Membeli

Mempercantik rumah dengan pilihan furniture berkelas tinggi pastinya merupakan dambaan siapa saja. Furniture bukan hanya digunakan sebagai barang yang memberi manfaat sebagai tempat penyimpanan namun juga sebagai hiasan di rumah yang bisa meningkatkan kebanggaan si pemiliknya. Hal ini terutama bisa diberikan dari furniture kayu jati yang memiliki harga fantastis melebihi kendaraan. Tetapi harga furniture sendiri cukup bervariasi dan ada perbedaan yang bisa mencolok antara satu toko dan toko lainnya apalagi jika Anda membeli langsung dari pengerajinnya.

Furniture yang dibuat dari kayu jati asli memiliki harga yang mahal dan bisa dibandingkan dengan harga sebuah sepeda motor. Furniture kayu jati untuk era sekarang ini sangat jarang karena jumlah kayu jati juga sudah berkurang karena lahannya yang semakin sempit. Kayu jati muda terpaksa ditebang untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin banyak padahal kualitasnya belum sebaik umur kayu yang lebih tua seperti pada furniture jaman dahulu. Umur kayu inilah yang biasanya menjadikan perbedaan harga masing-masing furniture yang bisa jadi hanya diketahui oleh pengerajinnya.

Ada banyak jenis furniture kayu yang biasa dijadikan perabotan sekaligus hiasan di rumah seperti:

  • Kursi tamu.
  • Meja tamu.
  • Almari etalase atau koleksi.
  • Meja buku.
  • Meja televisi.
  • Dsb.

Harga furniture sendiri dari satu toko atau pengrajin memiliki perbedaan yang bisa cukup besar. Perbedaan ini bisa didapatkan dari bahan kayu yang digunakan dan model dari furniture itu sendiri. Misalnya Anda memesan sebuah meja tamu dengan model yang simple dari bahan kayu jati tua akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan meja tamu yang memiliki model modern namun menggunakan bahan kayu jati muda atau bahan kayu lainnya. Perbedaan yang lain juga diberikan dari faktor kota tempat pembelian. Jika Anda membeli di kota tempat ukiran atau kerajinan kayu di buat, maka harganya bisa lebih murah dibandingkan Anda membeli di kota lain yang perlu menambahkan biaya pengiriman.

Untuk kisaran harga furniture, tidak bisa disebutkan secara rinci karena ada segi artistik dan nilai dari bahan yang digunakan. Furniture kayu jati yang baik memiliki harga antara Rp. 5 juta hingga ratusan juta rupiah. Harga yang fantastis untuk furniture yang saat ini sudah banyak dibuat dari kayu olahan yang harganya jauh lebih murah. Namun begitu pastinya furniture dari kayu olahan tak akan bisa memberikan kebanggaan yang sama seperti ketika Anda memiliki furniture dari kayu jati pilihan. Dengan memiliki furniture dari kayu jati, bahkan Anda bisa mewariskannya pada anak cucu karena keawetannya yang bisa digunakan hingga puluhan tahun dengan harga jual kembali yang semakin tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *