Perkembangan Furniture pada Mebel Berbahan Kayu Jati

Trend furniture saat ini sudah berkembang ke arah yang berbeda dari zaman dulu. Hal ini juga lantaran adanya dukungan dari trend properti yang sudah berubah. Jika dulu rumah dan properti selalu identik dengan ukuran besar dan luas, maka berbeda dengan saat ini yang sudah mengarah ke model minimalis. Untuk bisa mengisi rumah model minimalis, tentunya furniture minimalis pun menjadi pilihan. Ya, perkembangan furniture beserta perubahannya dari yang berukuran besar dan mewah menjadi minimalis yang cenderung simpel ini memang menarik sekali.

Pada awalnya furniture minimalis dibuat dari bahan selain kayu sehingga terasa lebih ringan dan simpel seperti plastik, alumunium hingga kaca. Ditambah lagi dengan bentuk yang multifungsi dengan ragam warnanya sehingga menciptakan kesan yang futuristik dan baru. Namun ternyata perubahan ini seolah memunculkan rasa rindu kepada furniture yang berjenis klasik dengan bahan kayu sehingga kini banyak juga pengrajin furniture yang menyediakan furniture dengan bahan kayu sehingga bisa dipilih oleh para peminatnya.

Baca juga: RINGKASAN SEJARAH PERKEMBANGAN FURNITURE DUNIA

Namun perkembangan furniture berbahan kayu bukan hanya itu saja karena banyak juga yang demi bisa menekan harga (mengingat furniture bahan kayu umumnya mahal), maka menggunakan campuran bahan lainnya. Selain menggunakan kayu sebagai bahan dasar, maka ditambahkan dengan kombinasi besi serta alumunium. Memang tidak menggunakan kayu solid seutuhnya, namun jika dilihat tetap saja terkesan artistik dan baru. Variasi tersebut pun kemudian bisa menghemat bahan baku karena dapat disadari jika kayu kini mulai sulit untuk bisa ditemukan. Siasat ini ternyata tetap disambut baik oleh pasaran dan memang hasilnya tidak mengecewakan.

Hingga kini pun, masih banyak orang yang terlalu fanatik dengan furniture yang berbahan 100% kayu. Tak dapat dipungkiri jika furniture dengan bahan kayu terlebih kayu jati memang sangat awet, tahan lama dan kuat. Tetapi kini minimnya pasokan kayu jati dan ketersediaan yang terbatas menjadikan banyak pengrajin kemudian mencari alternatif lainnya untuk bisa tetap menyediakan furniture kayu berkualitas baik. Dengan kondisi ini, maka tak heran jika harga furniture dengan bahan kayu jati kian tahun kian tinggi.

Itulah sedikit ulasan terkait perkembangan furniture yang berbahan kayu. Kayu jati tentunya masih menjadi juara dalam pembuatan berbagai furniture yang harganya super mahal karena tampilan, ketahanan dan kekuatannya yang memang tidak bisa menipu. Meski begitu, minat pasaran juga tetap dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan sehingga kini secara perlahan tapi pasti image furniture minimalis pun kemudian semakin menonjol. Dengan adanya furniture minimalis, maka rumah yang berdesain minimalis pun bisa tertolong sehingga furniture yang ada bisa muat dimasukkan ke dalam rumah dan sesuai dengan tema serta selera penghuninya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *