Perkembangan Furniture Minimalis Dengan Kombinasi Bahan Yang Lain

Seiring perkembangan zaman, furniture-pun mengalami perubahan. Belakangan ini kita mengenal trend furniture minimalis. Perkembangan furniture terjadi karena faktor maraknya rumah dengan konsep minimalis. Hal ini dapat dipahami karena beberapa kebutuhan furniture mengikuti atau menyesuaikan dengan bentuk atau gaya rumah..

Untuk lebih jelasnya mengenai ciri khas furniture minimalis bisa simak pembahasannya berikut ini:

Baca juga: PERKEMBANGAN FURNITURE DUNIA

Ciri Khas Furniture Minimalis.

Furniture minimalis bisa disesuaikan dengan karakter yang sesuai dengan interior rumah. Seperti namanya, furniture ini dari segi visual dan bentuk terlihat lebih simple dan sederhana. Namun tidak menghilangkan sisi elegant dari furniture itu sendiri. Sederhana dan simple di sini umumnya tidak menggunakan ornament yang biasanya terdapat pada furniture bergaya klasik.

Ciri khas furniture minimalis lainnya adalah memiliki multifungsi, dimana satu jenis furniture bisa digunakan menjadi beberapa fungsi yang berbeda. Selain itu, ciri khas furniture minimalis adalah lengkungannya cenderung sedikit, ini pulalah yang membuat furniture ini terlihat simple dan sederhana.

Bahan Furniture Minimalis

Perkembangan furniture minimalis sekarang ini identik dengan permainan warna yang menarik dan aksesoris tambahan. Penambahan akseorisnya bukan dari bahan kayu, namun dari bahan besi, alumunium, kaca atau plastik. Bahan utama kayu yang biasanya digunakan untuk furniture agak berkurang pada konsep minimalis. Berbeda dengan gaya furniture klasik penggunaan bahan kayu sangat dominan.

Komponen aksesoris yang tidak terbuat dari kayu biasanya diaplikasikan pada bagian kaki meja atau kursi. Biasanya bahan yang digunakan terbuat dari besi atau alumunium.  Selain itu ada juga furniture yang dipadukan dengan bahan kaca. Penggunaan bahan-bahan alternatif tersebut memberikan kesan yang lebih mewah dan modern. Selain itu penggunaan aksesoris dengan bahan tersebut bisa diterapkan dengan mudah karena tidak membutuhkan banyak lengkungan atau hiasan yang banyak. Karena lebih dminan memunculkan garis yang tegas, penggunaan furniture ini tidak membutuhkan ruangan yang besar. Dengan bentuknya yang simple malah membuat ruangan yang kecil terlihat lebih luas dan nyaman.

Dengan penambahan aksesoris dari bahan lain tersebut memberikan aksen yang lain dan dinilai lebih artistic. Disamping itu, perpaduan bahan-bahan pada furniture minimalis lebih menghemat penggunaan bahan utama. Seperti kita ketahui sekarang ini bahan baku dari kayu solid semakin sulit dan harganya semakin mahal. Dengan kombinasi bahan tersebut menjadi cara untuk mensiasati masalah tersebut

Meskipun demikian anggapan yang menyatakan furniture minimalis yang harganya lebih murah adalah hal yang salah. Karena tidak sedikit furniture yang tampilannya simple dan sederhana namun dibandrol dengan harga yang tinggi, karena menggunakan desain yang terbaik yang berbeda dengan desain pada jenis furniture lainnya. Perkembangan furniture minimalis diprediksi di tahun-tahun mendatang akan semakin mengalami perkembanan dan peningkatan peminat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *