Perkembangan Furniture Indonesia

Perkembangan Furniture Indonesia‚ÄĒperkembangan furniture di Indonesia ini ditandai dengan adanya pergerakan masa penjajahn dulu. Dimana furniture yang ada, masih banyak yang mengguunakan bahan dasar kayu dan juga bambu. Furniture yang menjadi ciri khasnya Indonesia diwarnai dengan tamilnya detail kayu yang sedikit rumit dengan balutan nuansa lokal atau etnik yang cukup kental. Unsur batik dengan ukiran bunga juga mendominasi furniture indonesia.

Bidang landai dengan kaki-kaki yang meruncing menjadi ciri khas juga furniture indonesia pada pertengahan tahun 60-an. Desain yang populer dengan nama jengki itu cukup banyak dterapkan di berbagai wilayah di indonesia. Menginjak tahun 80, gaya modern mulai banyak bermunculan di berbagai belahan bumi indonesia. Saat itu gaya furniture klasik dengan ciri khas mediterania masih banyak diminati oleh para pengembang. Karena di masa itu perkembangan sektor pembangunan sedang gencar-gencarnya. Furniturenya sendiri juga banyak mencapurkan perpaduan gaya mediterania dan hal-hal berbau vintage atau retro klasik. Warna-warna yang dimainkan pun mulai banyak yang bermain warna-warna cerah yang kontras. Gaya furniturre kala itu, yang mungkin saja kini mash kerap dijumpai di rumah-rumah klasik atau penginapan bergaya klasik adalah keberadaan kursi santai dengan meja teh di sampingnya. Kedua perabotan atau furniture ini biasa ditemui di teras-teras rumah ataupun di bagian belakang halaman rumah.

Baca juga: CIRI KHAS UKIRAN LEMARI ANTIK JEPARA

Orang indonesia dulu untuk konsep lantainya masih banyak yang menggunakan tegel. Sejak lepas dari tahun 80, penggunaan keramik mulai banyak bermunculan. Lantai-lantai dengan desain keramik lebar juga mulai terbentuk. Hingga memasuki era 90-an. Dimana pada era ini, desain bergaya minimalis modern juga mulai masuk dan dikenal di indonesia. Hal tersebut juga brdampak pada pemilihan furniture. Banyak juga yang telah memparektekan gaya furniture minimalis di luar negeri sana pada ruangan-ruangan mereka dengan sebelumnya mengubah konsep ruangan menjadi minimalis pula. seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, era minimalis modern mulai menjajah indonesia cukup lama. Banyak furniture-furniture yang dibuat dan diproduksi guna memenuhi pasar minimalis modern ini.

Desain furniture minimalis modern ini mempunyai tingkat kepraktisan yang tinggi. Karena mengandalkan sistem seusaikan dengan fungsinya saja. Selain itu nilai seni pada furniture bergaya minimalis modernn ini jauh lebih terasa seninya dan membuat cukup banyak orang yang jatuh cinta. Warna-warna yang dimainkan pun jauh lebih berani karena kerap mengambil warna-warna yang cerah. Dengan begitu nilai estetika suatu desain furniture, akan jauh lebih meningkat. Maka tak heran jika furniture berdesain minimalis modern ini banyak disukai.

Sekian sekilas tentang perkembangan furniture di Indonesia yang dapat anda lihat dari tahun ke tahun. Hingga kini telah memasuki era teknologi canggih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *