Perkembangan Furniture Dengan Konsep Minimalis

Perabotan rumah tangga atau dikenal juga dengan istilah furniture mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Sekarang produk furniture lokal memiliki nilai jual yang tinggi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Perkembangan furniture di Indonesia tidak lepas dari peranan para produsen, pengrajin, pengusaha serta pemerintah yang turut andil untuk memajukan industri furniture.

Kemajuan tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya desain, model dan bahan furniture yang digunakan. Sekarang kita bisa menemukan beragam desain unik setiap item perabotan. Salah satu contohnya adalah kursi. Dulu model kursi hanya itu-itu saja dengan kaki empat buah dan tempat senderan. Sekarang sudah banyak model kursi modern yang memiliki tiga kaki dan satu kaki. Kita juga mengenal sofa sebagai alas duduk yang dilengkapi dengan busa.

Baca juga: PERKEMBANGAN FURNITURE INDONESIA

Perkembangan Furniture Minimalis

Perkembangan furniture modern bisa dilihat juga dengan munculnya konsep minimalis. Furniture bergaya minimalis sekarang menjadi favorit masyarakat diberbagai kalangan. Bahkan sampai saat ini konsep desain furniture minimalis tetap bertahan dan memiliki banyak penggemar.

Salah satu alasan mengapa banyak orang jatuh cinta ke furniture minimalis adalah karena menggunakan furniture ini tidak membutuhkan ruangan yang luas. Walaupun desainnya sederhana dan dibuat seminimalis mungkin, tetap mampu memberikan kesan elegan dan mewah.

Sebenarnya desain minimalis sudah mulai berkembang sejak tahun 1920, namun belum menjadi trand seperti sekarang. Baru kemudian pada tahun 1980 desain ini mulai dilirik dan semakin berkembang pesat pada tahun 1995 dan mengalami perkembangan sampai saat ini.

Tidak hanya furniture saja, konsep minimali juga digunakan sebagai konsep bangunan. Ciri khas konsep minimalis adalah lebih mementingkan fungsinya sekaligus penggunaan bahan-bahannya. Demikian pula dengan penataan ruangan di dalam bangunan atau interiornya. Perabotan yang ditempatkan di ruangan umumnya selalu menggunakan desain yang sama. Konsep desain furniture minimalis tidak begitu berbeda dengan konsep dan tampilan bangunan atau eksterior lain.

Salah satu ciri khas perabotan yang menggunakan gaya minimalis adalah menggunakan hiasan atau lengkungan yang sedikit sehingga terlihat lebih simple dan sederhana. Selain itu penggunaan hiasan atau aksen jarang digunakan, apalagi ornament ukiran jarang sekali ada pada furniture ini.

Walaupun sederhana dan simple bukan berarti harganya dibawah standar,  karena ada banyak furniture minimalis yang menggunakan bahan berkualitas bagus yang dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Jadi anggapan bahwa harga furniture minimalis dibandrol dengan harga murah adalah salah.

Kita banyak menemukan furniture sederhana yang dibandrol dengan harga mahal karena menggunakan bahan terbaik, proses pengerjaan manual, detail dan memiliki estetika yang tinggi menjadi keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh konsep furniture lainnya.

Hingga saat ini perkembangan furniture minimalis semakin mengalami perkembangan. Muldai dari bahan hingga desainnya. Bahkan dari segi fungsinya furniture minimalis tidak hanya sekedar benda fungsional namun menjadi benda yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *