Panduan Memilih Sofa Bagus untuk Ruang Keluarga

Salah satu jenis furniture yang cocok untuk menghiasi ruang keluarga adalah sofa. Sofa merupakan salah satu jenis kursi yang difasilitasi dengan dudukan lembut dari busa atau bahan yang lembut lainnya. Sofa umumnya tidak menampakkan bahan kayu di bagian permukaan luarnya. Di pasaran, terdapat banyak sekali jenis dan ukuran sora. Warna dan bentuk sofa juga lebih bervariasi. Ketika memilih sofa untuk ruangan keluarga, banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama memperhatikan luas ruang keluarga sehingga ukuran sofa yang Anda pilih sesuai dengan luas ruang keluarga. Memilih sofa yang benar-benar cocok ternyata gampang-gampang susah. Berikut ini akan dibahas mengenai panduan memilih sofa bagus dan nyaman untuk ruang keluarga.

  1. Mempertimbangkan Kualitas

Pilihlah sofa yang berkualitas. Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih sofa bagus bukanlah bentuknya, melainkan kualitasnya. Hal-hal yang berkaitan langsung dengan kualitas sebuah sofa di antaranya adalah bahan utamanya, bahan penunjangnya, dll. Dengan membeli sofa yang berkualitas, maka sofa yang Anda pilih akan lebih tahan lama. Ruang keluarga merupakan ruangan yang paling sering ditempati, oleh sebab itu, pastikan bahan sofa yang dipilih adalah bahan yang awet.

  1. Memperhatikan Bagian Rangka

Rangka merupakan bagian yang terletak di dalam sofa. Rangka akan sangat sulit dideteksi sebab tertutupi oleh permukaan luar sofa. Cara yang paling mudah untuk memperhatikan bagian rangka adalah dengan memperhatikan detail luarnya. Coba untuk menggedok sofa tersebut, Anda akan tahu bahan bagian dalamnya. Perhatikan pula bagaimana bahan luar sofa yang lembut tersebut direkatkan dengan bagian rangkanya, apakah menggunakan paku, lem, atau sekadar staples. Pilihlah sofa yang bagian permukaan luarnya dilem dengan rangkanya, sebab paku dan staples sangat berbahaya jika tidak sengaja diduduki.

Baca juga: Promo Diskon Terbaru untuk Furniture

  1. Memperhatikan Pegas Sofa

Yang membedakan antara sofa dengan kursi biasa adalah keempukannya. Sofa biasanya difasilitasi dengan peer atau pegas sehingga sofa menjadi lebih empuk. Agar sofa yang Anda pilih adalah sofa dengan kualitas terbaik, perhatikan bagian pegasnya dengan cara diduduki. Ujilah apakah ketika diduduki, pegas tersebut akan mengendur dengan baik atau tidak. Perhatikan pula apakah setelah diduduki, bentuk dudukan sofa akan kembali seperti semula dengan cepat atau lambat. Semakin cepat bentuk dudukan sofa kembali rapi setelah diduduki, maka akan semakin baik pula kualitas dari pegas sofa tersebut. Perhatikan pula bunyi yang ditimbulkan peer atau pegas sofa ketika sofa sedang diduduki, apakah menderik atau tidak. Jika menderit, berarti pegas yang dipasang tidak proporsional atau bahan pegasnya kurang bagus.

  1. Memperhatikan Kulit Sofa

Salah satu bagian yang menunjang kenyamanan sofa bagus adalah bagian kulit atau permukaan luar sofa. Pilihlah kulit sofa dengan bahan yang paling nyaman menurut Anda, misalnya katun, linen, sintesis, wol, atau kulit. Pilihlah sofa berbahan wol, karena selain lebih lembut, wol akan lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *