Merubah Kursi Kayu lama Terlihat Baru Kembali

Kursi kayu yang sudah lama yang sudah tidak dipakai karena keropos, bagian joknya rusak dan lain sebaginya, menjadi pemandangan yang tidak enak dilihat. Namun, jangan buru-buru membuang kursi lama yang sudah tidak dipakai tersebut karena dalam artikel ini kami akan memberikan tips merubah furniture menjadi cantik kembali dan memberikan suasana baru pada ruangan.

Sebagian orang menghargai barang-barang yang memiliki cerita atau kenangan masa lalu. Misalnya: sebagian orang untuk mendapatkan kursi dan furniture lainnya diperlukan perjuangan, terutama saat awal memasuki rumah tangga. Namun seiring waktu, beberapa furniture harus diganti dengan yang baru dan furniture yang lama akhirnya masuk gudang.

Jika suatu saat Anda rindu dan ingin duduk di kursi yang penuh dengan kenangan namun kondisinya sudah jelek jangan putus asa dan bersedih. Berikut ini tips dan cara merubah kursi kayu lama yang sudah using terlihat seperti baru lagi:

  • Periksa kondisi kursi lama, dan lihat bagian mana saja yang rusak.
  • Persiapkan peralatan tukang seperti: obeng, palu, paku dan bahan-bahan penunjang lainnya yang bisa Anda dapatkan di toko bahan bangunan.
  • Jika warna kursi sudah memudar, Anda bisa lakukan finishing sendiri dengan menggunakan fisnishing warna menggunakan kuas atau pray. Tapi untuk pemula sebaiknya proses finishing menggunakan kuas karena lebih bisa mengontrol pemberian warna. Sebelum proses finishing, debu dan kotoran yang menempel harus dibersihkan dulu.
  • Jika bagian kursi yang warnanya memudar, kondisinya bisa diperbaharui dengan melakukan finishing ulang, Anda bisa menggunakan warna yang senada dengan warna aslinya agar lebih selaras. Selain itu finishing ulang bisa juga digunakan untuk kursi yang lapisannya sudah mengelupas. Jika warna kursi natural, Anda bisa memilih warna yang agak gelap. Lajukan proses memoles / finishing di luar ruangan.
  • Anda bisa mengganti bagian bantalan kursi dengan alas kain atau kulit yang bisa memberi aksen berbeda misalnya kain dengan motif bunga-bunga atau polkadot, memberikan tampilan kursi lama terlihat lebih modern dan elegant. Memilh motif untuk jog kursi bisa disesuaikan selera, namun tetap memperhatikan kombinasi warna dengan rangka kayu kursi, meja dan suasana ruangan.
  • Sebaiknya hindari motif garis karena tidak sesuai, Anda bisa memilh motif kembang atau polos. Jangan lupa perbaiki bantalan busanya, bisa diganti atau ditambah agar lebih empuk dan lebih nyaman saat diduduki.

Sebelum Anda melakukan tips tersebut, bisa terlebih dahulu mencari informasi dan referensi bentuk dan model kursi yang bentuknya sesuai dengan kursi milik Anda. Jika Anda bingung, bisa menggunakan jasa orang lain yang ahli untuk melakukan proses penerapan konsep dan pengerjaannya. Sekarang sudah ada pelayanan jasa memperbaiki dan merubah kursi kayu atau furniture lainnya. Selamat berkreasi!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *