Merawat Lemari Kayu

Kayu jati biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sebuah lemari, dan kayu ini banyak dipilih karena memiliki material yang kokoh dan kuat. Meski begitu, tetap harus selalu dijada dan dirawat agar bisa bertahan lama dan awet. Lantas, bagaimana cara merawat lemari kayu jati agar tetap awet? Memiliki lemari yang terbuat dari bahan kayu jati merupakan satu yang yang membanggakan, mengingat harga kayu tersebut tidaklah murah, namun dengan ukiran yang memiliki nilai seni yang tinggi berapa pun harganya tidak akan menjadi masalah. Apalagi seperti diketahui bahwa perabotan yang terbuat dari kayu jati memiliki kualitas dan ketahanan yang tidak diragukan, hanya saja terkadang malas untuk merawatnya.

baca juga: Furniture Murah dan Unik dari Palet Kayu Bekas

Sebenarnya cara merawat lemari yang terbuat dari bahan kayu jati agar tahan lama dan awet itu mudah sekali, dimana Anda hanya perlu memperhatikan letak penempatannya, kebersihan dan menjaga warnanya tetap indah. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Cara pertama, tempatkan lemari kayu jati pada ruangan dengan suhu yang tepat, dimana tidak terlalu lembab dan tidak terpapar oleh sinar matahari langsung. Apabilan suhu ruangan terlalu lembab, maka kayu jati bisa muncul jamur, sedangkan jika terpapar matahari langsung maka kayu jati akan mudah pudar warnanya. Jadi, sebaiknya cari posisi yang pas untuk meletakkan lemari kayu jati tersebut.

Cara kedua, selalu jaga kebersihan tempat dimana Anda meletakkan lemari kayu jati itu, meski sudah berada dalam ruangan yang bersih, tentu saja akan banyak partikel atau debu yang kerap menempel. Maka selalu bersihkan lemari kayu jati itu setiap hari dengan menggunakan kuas, agar setiap bagian yang sulit bisa terjangkau. Jika dibersihkan menggunakan air atau lap basah, maka hati-hati membersihkannya agar tidak tergores, dan pastikan airnya benar-benar kering, karena jika masih basah dan terpapar debu atau kotoran bisa saja nantinya dihinggapi rayap.

Cara ketiga, agar lemari kayu jati warnanya tetap awet, maka bisa gunakan minyak kayu jati. Poles lemari tersebut dengan minyak jati agar warnanya tidak memudar, sekaligus membuat lemari kayu jati bisa terlihat seperti baru lagi. Hal ini juga berlaku jika warna lemari kayu jati Anda sudah mulai memudar, maka oleskan saja minyak jati maka warnanya akan kembali lagi.

Itulah cara sederhana merawat lemari kayu jati agar tetap awet, bisa Anda coba jika lemari jati Anda sudah mulai memudah atupun kotor. Hal tersebut bertujuan agar kualitas kayu bisa tahan lama meski digunakan bertahun-tahun lamanya.

Semoga tips merawat lemari kayu di atas dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki atau yang berniat ingin mempunyai lemari dari bahan dasar kayu. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *