Merawat Furniture Sofa Yang Tepat Dan Benar

Sofa merupakan salah satu jenis furniture yang penting dalam sebuah rumah atau kantor. Ukurannya besar dengan bagian tempat duduk terbuat dari busa membuat orang yang duduk di atasnya merasa nyaman. Di dalam rumah biasanya sofa diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Agar sofa awet dan tahan lama sebaiknya dirawat dengan benar. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara merawat  furniture sofa agar selalu bersih dan tahan lama.

Baca juga: TIPS AMPUH MERAWAT FURNITURE DARI BAHAN ROTAN

  • Hindari Dari Sinar Matahari

Merawat furniture sofa yang pertama adalah tempat meletakkannya harus tepat. Hindari menyimpan sofa yang langsung terkena sinar matahari karena bisa menyebabkan warna sofa memudar.

  • Membersihkan Sofa

Jika Anda memiliki binatang peliharaan atau anak kecil yang aktif sebaiknya bersihkan sofa menggunakan alat khusus penyedot debu. Apabila sofa milik Anda menggunakan kain yang berstektur lebih mudah menangkap atau menyerap debu. Perhatikan tiap sudut sofa, biasanya bagian tersebut banyak debu dan menjadi tempat bersarang kutu. Sebelum disedot menggunakan mesin, terlebih dulu bisa bersihkan bagian sudut sofa menggunakan sikat plastik yang kecil atau sikat gigi.

Apabila sofa terkena noda, segera bersihkan. Jangan tunda karena jika terlambat bisa menyebabkan sofa sulit dibersihkan. Apabila sofa terbuat dari bahan sutra, kulit asli, berudu, linen dan bahan lainnya yang halus maka cara membersihkannya jangan menggunakan cairan kimia. Sebaiknya gunakan air biasa dengan cara mengelap permukaan yang terena noda menggunakan kain.

Setelah selesai lalu keringkan dengan cara diangin-angin. Hindari menggunakan hair dryer apalagi jika bahannya dari sutra. Karena panas hairdryer bisa membuat kain pada sofa mengkerut.

  • Menjemur Bantal Sofa

Biasanya sofa memiliki bantal kursi yang membuat tampilan sofa terlihat lebih mewah dan indah. Sama halnya dengan sofa, pada bantal sofa-pun harus bebas dari debu dan kotoran. Cara merawat furniture bantal sofa adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari satu minggu satu kali, lamanya bisa 1 jam. Saat dijemur, pukul bantal menggunakan pemukul bantal atau sapu lidi. Hal ini dilakukan agar debunya hilang dan isi bantal akan menyebar rata sehingga tetap mengembang. Jangan terlalu lama menjemurnya karena bisa menyebabkan warna dan corak pada bantal memudar.

Dari pembahasan tips tersebut kita bisa mengetahui bahwa cara perawatan sofa tergantung bahannya. Jika bahannya terbuat dari katun maka cara membersihkannya cukup menggunakan air. Sedangkan yang terbuat dari bahan polyester cara membersihkannya tidak boleh menggunakan air, caranya adalah dengan dry cleaning.

Cara merawat furniture sofa yang terbuat dari bahan sutra adalah membersihkan dengan dry cleaning. Sedangkan jika terbuat dari bahan kulit maka cara membersihkannya bisa menggunakan kain bersih basah lalu digosokkan dengan perlahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *