Mengenal Seni Ukiran Khas dari Palembang yang Mempesona dan Antik

Budaya Indonesia sangat beragam, begitu juga dengan seni dari Indonesia. Salah satu hasil karya seni Indonesia yang terkenal hingga ke seluruh dunia adalah dari segi seni ukirnya. Seni ukir Indonesia bisa terlihat dari furniture yang indah. Furniture dari Indonesia sendiri sebagian besar masih menggunakan bahan kayu. Memang bahan furniture kayu ini menjadi bahan yang paling bisa dipakai untuk digunakan sebagai media seni ukir sehingga tak heran jika furniture Indonesia mengandalkan bahan kayu. Ukiran khas Palembang jadi salah satu yang paling terkenal.

Mengenal Seni Ukiran Khas dari Palembang yang Mempesona dan Antik

Jika mendengar kata furniture, maka pasti akan langsung identik ke furniture Jepara. Ya, memang furniture Jepara amat sangat terkenal dan bahkan hingga ke seluruh dunia. Ukiran Jepara memang sudah dikenal sangat cantik. Karakter yang menonjol di ukiran Jepara adalah pada motifnya. Untuk ukirannya biasanya pada bentuk daun banyak yang membentuk relung dimana mendeskripsikan tanaman yang menjalar. Untuk tiap relung dinamis dan menjumbai. Sedangkan pada tangkai relung panjang dengan membentuk melingkar sehingga jadi pemanis hiasan.

BACA JUGA: MENGENAL BEDA UKIRAN FURNITURE BALI DAN FURNITURE JEPARA

Meski demikian, Palembang punya ukiran khas sendiri. Untuk ukiran dari Palembang, memiliki keunikan tersendiri. Berikut beberapa ciri ukiran dari Palembang:

  • Ukiran Palembang ini dipengaruhi dari kebudayaan Cina serta Budha yang amat menonjol. Tak heran jika seni ukir dari Palembang kemudian didominasi dengan ukiran tumbuhan misalnya saja ukiran bunga teratai serta bunga melati.
  • Namun gambar berupa makhluk hidup cenderung dihindari mengingat adanya pengaruh Islam di Palembang dan juga pengaruh budaya Melayu misalnya saja gambar hewan dan manusia yang dilarang.
  • Dari segi pewarnaan, seni ukir dari Palembang ini mendominasi warna kuning dan keemasan. Warnanya menggunakan pernis serta cat sehingga menjadikannya terlihat mewah dan juga mengkilap.
  • Kayu yang dipakai pada furniture Palembang dan seni ukirnya biasanya adalah dengan penggunaan kayu tembesu dimana karakteristiknya keras dan kuat. Meski demikian, kayu tembesu ini tetap bisa diukir dan mampu hasilkan ukiran dengan seni tinggi.
  • Dari segi dekoratifnya, ukiran Palembang biasanya memakai teknik rendah ke tinggi dan juga tembus pandang atau terawang. Motifnya kebanyakan diberi nama pohon kemalo dimana penerapannya banyak dipakai di rumah adat yakni rumah Limas.

Itulah beberapa ciri khas yang ada di ukiran khas Palembang. Tak dapat dipungkiri jika setiap kota di Indonesia memiliki ukiran dengan ciri khasnya masing-masing. Semuanya indah, semuanya butuh kemampuan ukir yang baik dan semuanya memiliki nilai seni yang tinggi. Tentu tak mengherankan jika seni ukir dari Indonesia sangat dikenal di mancanegara karena memiliki kualitas yang tinggi. Bahkan bandrolan harganya juga tinggi mengingat unsur seninya yang tak biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *