Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Furniture Mahoni

Kayu menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan furniture yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal ini lantaran kayu mampu mempercantik desain dari furniture itu sendiri serta bahannya juga kuat dan amat awet. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kayu yang digunakan untuk furniture, namun yang paling terkenal adalah kayu jati dimana memiliki kekuatan dan ketahanan yang seolah tak lekang dimakan zaman. Lalu bagaimana dengan kayu furniture lainnya?

Ada juga kayu jenis lain untuk pembuatan furniture yang umum digunakan yaitu kayu mahoni. Mahoni merupakan jenis anggota tanaman kayu yang mencakup 550 tanaman kayu serta 50 genera. Bentuk pohonnya begitu besar dan bisa mencapai 35 sampai 40 meter dengan diameternya hingga 125 cm. Batangnya lurus dengan bentuk silindris serta tak berbanir. Dengan kulit luar yang berwarna coklat dengan ada warna kehitaman, dengan alur sisik dan halus, menjadikannya banyak dipakai untuk pembuatan furniture.

Sejak 35 tahun belakangan, pohon mahoni sudah banyak dibudidayakan lantaran kayunya punya nilai ekonomis tinggi. Kualitasnya keras dan baik untuk pembuatan furniture, ukiran dan kerajinan. Di Indonesia sendiri kayu mahoni juga mudah ditemukan dan banyak dimanfaatkan. Untuk lebih mengenal kayu mahoni sebagai bahan kayu furniture, maka berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan kayu mahoni:

  • Kelebihan:
  • Serat kayunya halus serta beragam. Penampilan kayu mahoni yang semacam ini akan sangat bagus ketika diakhiri dengan warna klasik dan natural sehingga seolah mampu menyatu.
  • Penampang kayunya sangat stabil. Perlu diketahui jika kayu mahoni terkenal karena kekuatan penyusutan nya serta perubahan bentuknya sehingga banyak juga dipakai untuk pembuatan gitar serta alat musik. Namun syarat utamanya adalah kekeringan bahan dari kayu itu sendiri.
  • Kayu mahoni memiliki kandungan minyak rendah alami yang menjadikannya bisa difinishing dengan model duco cat tanpa adanya resiko meninggalkan noda kekuningan seperti halnya yang ada pada kayu jati. Tingkat kekeringan juga menjadi syarat utamanya.
  • Kekurangan:
  • Kayu mahoni sangat mudah diserang hama sehingga bagi yang akan menggunakannya harus betul-betul cermat.
  • Kayu mahoni juga butuh perlakuan yang begitu baik dimana perlu pengovenan terlebih dulu sebelum digunakan. Belum lagi penyimpanan bahan baku pun harus benar sehingga nantinya tidak mempengaruhi kualitas.
  • Proses finishing pada kayu mahoni juga terbilang cukup rumit sehingga perlu hati-hati dan cermat.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kayu furniture mahoni yang perlu diketahui. Memang banyak tantangan untuk bisa menjadikan kayu mahoni menjadi suatu furniture yang terbaik, namun bagi Anda para pembeli, pengguna atau peminat, sudah banyak sekali bukti jika kayu mahoni ini kuat dan tahan lama sehingga bisa jadi alternatif pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *