Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Kursi Kayu

Kayu memang memiliki kegunaan yang banyak, bukan hanya sebagai salah satu pembuatan kertas, namun juga banyak digunakan sebagai bahan furniture. Mulai dari untuk membuat daun dan bingkai pintu, meja, tempat tidur, hingga digunakan untuk kursi kayu. Peminatnya sendiri pun tidak bisa dibilang sedikit, apalagi bagi orang-orang yang menyukai hal-hal yang benuansa alam.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Kursi Kayu

Untuk membuatnya, kursi kayu bisa menggunakan berbagai jenis kayu, salah satu yang menjadi primadona di kelasnya adalah kayu jati. Sebab, kayu jati memang memiliki banyak keunggulan, walaupun untuk harga jualnya lumayan cukup tinggi. Belum lagi kalau kursi kayu jati dengan tambahan ukiran, harganya bisa berlipat-lipat.

Kursi berbahan kayu sendiri memang memiliki banyak kelebihan, dan tentu saja ada kekurangannya, dan berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:

  • Kelebihan Kursi Kayu yang Lebih Tahan Lama

Karena berbahan kayu, kursi kayu memiliki kelebihan seperti lebih tahan lama dibandingkan dengan kursi berbahan material lain. Apalagi jika kayu yang digunakan adalah kayu berkualitas baik, yang pasti kursi kayu tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun.

  • Kelebihan Kursi Kayu yang Catnya Bisa Diperbarui

Jika sudah lama, yang pasti warna dari kursi kayu mulai tampak memudar. Namun, Anda tetap bisa memperbarui catnya menggunakan cat kayu agar terlihat seperti baru lagi. Anda juga bisa menambahkan pernis agar tampak lebih halus dan mengilat.

  • Kursi Kayu Mudah Dibentuk

Kelebihan dari kursi kayu adalah, mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Apalagi jika ingin ditambahkan ukiran, pasti kursi kayu tampak lebih bagus dan memiliki cita rasa seni yang tinggi. Anda juga bisa menambahkan bantalan di bagian dudukannya, agar lebih nyaman saat digunakan.

Selain memiliki kelebihan, kursi kayu juga memiliki kekurangan, berikut penjelasannya:

  • Kuri Kayu Lebih Berat

Untuk bebannya, kursi kayu memang lebih berat ketimbang kursi berbahan plastik. Karena isi kayu yang lebih padat, apalagi jika ditambahakn busa di bagian dudukannya.

  • Mudah Terpengaruh Iklim

Kekurangan lainnya, kursi kayu mudah terpengaruh iklim, salah satunya ketika musim hujan dan udara lebih lembab, kursi kayu dapat ditumbuhi jamur.

  • Mudah Terserang Serangga dan Cacat Bawaan

Salah satu serangga yang sering menyerang kursi kayu adalah rayap, maka dari itu kursi kayu rapuh dan cepat rusak. Belum lagi kalau terdapat cacat bawaan yang memang sudah ada karena kondisi alam, seperti pecah-pecah dan juga mata kayu.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Meski memiliki kekurangan, masih banyak saja yang menggemari kursi kayu. Sebab selain beberapa kelebihan yang telah dijelaskan di atas, juga karena kursi kayu memiliki kekuatan yang lebih solid dan mampu menahan beban yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *