Mengenal Jenis Furniture Jepara Menurut Fungsi dan Kegunaannya

Jepara dikenal dengan kualitas meubelnya yang sungguh berkualitas dan juga sudah terkenal di manca negara. Diketahui sebanyak 80% dari penduduk Jepara adalah seorang pengrajin atau membuat meubel. Jadi tidak heran jika furniture Jepara sangatlah terkenal dan sudah dinyatakan sebagai kota dengan hasil meubel terbanyak dan terbaik. Biasanya yang dipakai untuk membuat barang-barang tersebut adalah kayu Jati dan Mahoni karena dianggap paling kuat dan berkualitas dari pada jenis lain. Membeli perlengkapan ini pun tidak sulit, karena sangat digemari masyarakat, maka berbagai toko di Indonesia pun menjual produk dari daerah ini.

Namun sebelum membelinya, Anda harus mengetahui beberapa jenis dari furniture Jepara yang diklasifikasikan menurut fungsi dan kegunaannya. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  • Tempat Menyimpan di Atasnya

Perabotan dengan tipe ini biasanya berbentuk meja yang bidang dan mempunyai beberapa kaki untuk menyangganya. Fungsi tipe ini adalah untuk menyimpan atau menaruh sesuatu diatasnya dan memiliki berbagai jenisnya. Misalnya meja makan, meja belajar, meja kerja, dan lain sebagainya yang berbentuk meja. Selain itu, ada pula jenis meja yang dikategorikan menurut tempat diletakkannya, seperti meja kantor, meja dapur, meja sekolah, dan lain sebagainya. Intinya adalah semua yang bernama meja.

  • Tempat Menyimpan d Dalamnya

Perabotan tipe ini biasanya berupa peti, lemari, laci, dan rak. Perabot tipe ini memiliki beberapa jenis, yaitu lemari pakaian yang berfungsi untuk menyimpan pakaian-pakaian kita, lemari pecah-belah atau yang biasanya digunakan untuk menyimpan alat-alat makan seperti piring dan gelas, buffet atau lemari yang memiliki kaki dengan model singa serta dilengkapi dengan pintu dan laci, dan rak yaitu lemari tanpa tutup dan sifatnya terbuka yang mempunyai 2 jenis yaitu yang bisa dipindahkan seperti rak buku, serta yang tidak bisa dipindahkan seperti yang dipasang permanen oleh sebuah toko.

  • Tempat Tidur

Perabot tipe ini juga terkadang disebut sebagai jenis tempat tidur. Ada beberapa jenis dari perabot ini, yang pertama adalah tempat tidur biasa yang mempunyai ukuran single yang muat untuk satu orang, dan double yang dipakai untuk dua orang. Yang kedua adalah Bunk-bed atau tempat tidur bersusun yang tepat digunakan untuk digunakan di tempat yang sempit. Yang ketiga adalah tempat tidur untuk anak yang dimana disesuaikan dengan kebutuhan anak dan biasanya berukuran kecil. Yang keempat adalah tempat tidur untuk bayi yang biasanya memiliki pagar di sekelilingnya.

  • Tempat Duduk

Furniture Jepara yang satu ini adalah yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tempat duduk atau kursi ini ada berbagai jenis, yaitu kursi makan, kursi kerja, kursi tamu, sofa dengan tiga dudukan, kursi panjang yaitu kursi yang memungkinkan seseorang untuk melonjorkan kaki mereka, kursi bar atau kursi yang tinggi, serta bangku yang terbuat dari kayu tanpa ditambahkan bantalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *