Mengenal Jenis Furniture Indonesia Berbahan Kayu Jati Serta Perbedaannya

Indonesia adalah negara yang kaya raya. Tak hanya dari suku dan budaya, namun hasil seni dari Indonesia sendiri juga sangat beragam. Salah satu hasil karya seni dari Indonesia yang sangat diminati dunia adalah furniture Indonesia. Furniture dari Indonesia sebagian besar masih menggunakan bahan kayu. Beberapa bahan kayu yang banyak dipakai mulai dari kayu jati. Ya, kayu yang satu ini memang bisa dibilang sebagai sangat difavoritkan sebagai bahan pembuatan furniture. Kayu jati memang telah dikenal kuat dan amat tahan lama. 

Mungkin Anda hanya tahu jika kayu jati untuk pembuatan furniture hanya ada satu jenis saja. Sebetulnya ini tidak benar karena ada beberapa jenis kayu jati dengan masing-masingnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan beragam karakteristik yang ada di kayu jati tersebut, maka tentu kelebihan yang dimilikinya juga berbeda-beda. Meski demikian, secara umum, kayu jati memiliki urat bagus, cenderung berminyak, kadar airnya rendah sehingga banyak pengrajin furniture yang begitu mengidolakannya.

 Mengenal Jenis Furniture Indonesia Berbahan Kayu Jati Serta Perbedaannya

Berikut ini beberapa jenis kayu jati yang banyak dipakai untuk furniture Indonesia hingga saat ini:

  • Kayu jati rakyat

Kayu yang satu ini didominasi dengan adanya batang pohon bengkok. Jika demikian, maka batang pohonnya sendiri memang lebih banyak bengkokan jika dibandingkan dengan yang lurus. Masa pertumbuhannya cukup lama yakni mulai dari 15 sampai 25 tahun hingga siap dalam bahan produksi furniture. Pori-pori yang ada di kayu jati rakyat ini cenderung lebih padat.

  • Kayu jati emas

Jenis kayu jati yang satu ini mempunyai batang pohon lurus serta menjulang ke atas. Untuk masa pertumbuhan dari kayu jati emas cenderung lebih singkat jika dibanding dengan kayu jati rakyat yakni 7 hingga 15 tahun. Umumnya kayu jati emas ini dipakai untuk produksi furniture dengan dimensi lurus serta lebar. Namun kekurangannya adalah pori kayunya lebih besar serta dengan tekstur kurang padat.

  • Kayu jati perhutani

Mungkin Anda heran mengapa disebut dengan kayu jati perhutani. Alasannya memang adalah karena dari pembibitannya hingga penebangan kayunya, seluruhnya dikelola serta diawasi oleh PT Perum Perhutani. Kualitasnya lebih bagus dibanding jenis lainnya. Tak heran jika kayu jenis ini menjadi jawara diantara banyak kayu jati lainnya. Namun jika memang Anda menginginkan furniture dengan bahan kayu perhutani, maka pastikan untuk menyiapkan uang dengan jumlah yang cukup besar karena harganya yang mahal.

 Baca dan simak juga TIPS MEMILIH DAN MERAWAT FURNITURE KAYU DENGAN BENAR DAN TEPAT

Itulah beberapa jenis kayu jati yang banyak dipakai sebagai bahan furniture Indonesia. Setiap harga dari masing-masing jenis kayu jati tersebut memiliki harga yang berbeda. Untuk itu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Bagaimana, bermanfaat bukan informasinya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *