Mengenal Berbagai Macam Tipe Kursi Kayu dan Jenis-jenis Kayunya

Kursi kayu merupakan jenis kursi yang banyak dimiliki oleh orang-orang di seluruh dunia. Ini karena kursi tersebut memiliki bahan yang umum ditemukan di banyak tempat, sekaligus juga fleksibel dalam soal penggunaannya. Kursi dari bahan kayu bisa Anda gunakan untuk kursi teras, kursi di ruang tamu, maupun untuk kursi di ruang keluarga ataupun kursi di ruang makan.

Meskipun dulu kursi dari bahan alami seperti kayu adalah bahan yang umum dipakai, namun Anda juga perlu tahu bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan semakin sulitnya bahan kayu didapatkan, kursi ini pun semakin mahal. Bahkan ini pun berlaku untuk kursi yang dibuat dari kayu selain kayu jati yang terkenal tersebut.

Sebelum melihat apa saja jenis-jenis kursi yang bisa Anda pilih, kenali lebih jauh dulu tentang bahan-bahan kayunya berikut ini:

  • Jati

Selama ini, jati dianggap sebagai salah satu kayu terbaik untuk membuat perabotan, tak cuma kursi saja. Kuat, teksturnya dekoratif, anti rayap dan juga tahan dengan air. Bahan kayu ini juga sangat mahal.

  • Mahoni

Kayu ini memiliki kualitas yang cukup bagus, meski jelas tak sebaik kayu jati. Namun mahoni memiliki harga yang lebih murah dibanding jati.

  • Akasia

Sekilas warna dan serat akasia mirip dengan jati, sehingga bagi Anda yang ingin perabotan kayu tapi tak mampu membayar perabotan jati, akasia bisa jadi alternatif. Kayu ini berat, kuat, dan juga awet.

  • Sonokeling

Kayu ini berwarna gelap, dengan serat indah dan dekoratif. Selama pinggiran kayu sonokeling tak dijadikan bahan pembuatan furniture (bagian ini sering kena rayap dan gampang keropos), Anda akan mendapatkan perabotan yang kuat dengan harga murah.

  • Trembesi

Kayu ini masih banyak terdapat di alam sehingga harganya murah. Trembesi memiliki ciri khas kayu yang tebal dan besar, cocok untuk perabotan yang berukuran jumbo.

Seperti yang Anda lihat di atas, bahan untuk membuat kursi kayu bisa dari macam-macam jenis kayu. Meski Anda mungkin ingin berfokus ke kayu jati, Anda tetap harus mempertimbangkan harga dari perabotan Anda tersebut. Kayu-kayu alternatif lain tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin perabotan kayu berkualitas namun berbudget terbatas.

Baca Juga: MERUBAH KURSI KAYU LAMA TERLIHAT BARU KEMBALI

Jika Anda sudah mempelajari jenis-jenis kayu, mari sekarang lihat apa saja tipe-tipe kursi dari kayu yang ada:

  • Arm chair

Adalah kursi yang terkesan formal, memiliki sandaran yang tegak, dan terdapat lengan di samping kanan kirinya. Model kursi ini sangatlah umum ditemukan di mana-mana.

  • Side chair

Kursi tanpa adanya lengan, cukup sandaran saja. Biasanya dipakai dalam situasi yang lebih kasual atau santai. Sandarannya bisa tegak atau agak miring.

  • Parsons chair

Sebenarnya desainnya mirip dengan side chair karena tak ada lengan samping, tapi kursi semacam ini ada bantalannya dan dilapisi kain bermotif.

  • Kursi kontemporer

Adalah kursi dengan gaya modern yang memiliki penampilan minimalis dan lebih streamlined.

  • Mission chair

Kursi dari kayu ini tak memiliki hiasan atau ukiran. Cukup garis vertikal dan horizontal sederhana saja, dengan sandaran yang agak melengkung.

Selain tipe-tipe kursi kayu di atas, Anda juga bisa memilih tipe lain seperti ladderback yang bentuk sandarannya memang mengingatkan dengan tangga, atau windsor chair yang bagian sandarannya bisa melengkung dan fleksibel. Mana pun kursi yang Anda pilih, pastikan bahwa Anda sudah mempertimbangkan kecocokannya dengan ruangan tempat kursi tersebut nanti berada.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *