Mengenal Beda Ukiran Furniture Bali dan Furniture Jepara

Tentu Anda sudah tahu jika Indonesia adalah negara yang kaya raya. Bukan hanya dari segi suku, budaya dan makanan saja. Jangan lupa juga jika Indonesia punya kekayaan dari segi seni. Salah satu hasil karya seni dari Indonesia yang sangat diminati dunia adalah dari segi seni ukirnya. Seni ukir Indonesia juga ada di furniturenya. Tiap daerah di Indonesia memiliki seni ukirnya masing-masing. Namun untuk seni ukir di furniture yang paling terkenal yakni furniture Bali dan juga furniture Jepara.

Mengenal Beda Ukiran Furniture Bali dan Furniture Jepara

Furniture dari Indonesia sendiri sebagian besar masih menggunakan bahan kayu. Beberapa bahan kayu yang banyak dipakai mulai dari kayu jati, kayu mahoni hingga kayu jenis lainnya. Bahan furniture kayu ini menjadi bahan yang paling bisa dipakai untuk digunakan sebagai media seni ukir. Di tangan para pengrajin furniture, kayu-kayu glondongan tersebut bisa disulap menjadi sangat indah berupa furniture dengan citarasa seni yang sangat tinggi. Tentunya nilai jualnya pun menjadi sangat tinggi.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali kota yang terkenal dengan seni ukirnya. Meski demikian furniture Bali dan furniture Jepara adalah yang paling terkenal. Untuk membedakan keduanya, maka berikut ini beberapa perbedaannya:

  • Ciri khas ukiran furniture dari Bali

Untuk ukiran yang ada di furniture dari Bali memiliki kekhususan dimana tak akan bisa i furniture ditemukan di ukiran dari kota lainnya. Untuk seni ukir furniture khas Bali ini adalah perpaduan antara Padjajaran dan juga Majapahit. Apabila diperhatikan baik-baik, maka bentuk daun pokok cembung ataupun melingkar pada bagian tengah serta bagian yang tertinggi membentuk anak daun. Tampilan kayu yang ada di furniture juga berbeda karena memiliki simbar yang ada di depan dan membentuk alur sehingga kesannya serasi jika dilihat dengan keseluruhan.

  • Ciri khas ukiran furniture dari Jepara

Apabila bicara terkait ukiran kayu, maka Anda tentu ingat dengan furniture asal Jepara. Ukiran Jepara sangat cantik dan banyak dipilih. Bahkan furniture asal Jepara sangat dikenal hingga ke mancanegara. Karakter yang menonjol di ukiran Jepara adalah pada motifnya. Untuk ukirannya biasanya pada bentuk daun banyak yang membentuk relung dimana mendeskripsikan tanaman yang menjalar. Untuk tiap relung dinamis dan menjumbai. Sedangkan pada tangkai relung panjang dengan membentuk melingkar sehingga jadi pemanis hiasan.

BACA JUGA: INILAH 5 PASAR SENI FAVORIT DAN TERPOPULER YANG MENJUAL BERAGAM FURNITURE BALI LENGKAP

Itulah beberapa ciri khas yang ada di furniture Bali dan furniture Jepara. Kini untuk mendapatkan furniture dari Jepara pun tidak harus langsung ke Jepara. Anda bisa langsung membeli atau memesannya di online. Furniture dari Bali atau dari Jepara, keduanya sama-sama bagus. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan selera mengingat ciri khas kedua seni ukirnya berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *