Memperindah Rumah Minim Budget? Furniture Plastik Bisa Jadi Solusi

Ingin memperindah rumah namun budget Anda minim? Jangan khawatir. Anda dapat menggunakan perabot alternatif dari bahan plastik. Plastik sangat mudah ditemui di segala jenis benda. Kelebihan plastik salah satunya yakni karena berat yang lebih ringan dibanding material lain serta harga yang cukup terjangkau. Selain itu furniture plastik merupakan material anti air yang tidak mudah hancur maupun patah. Perawatan yang diperlukan pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pembersihan rutin menggunakan kain lap atau dapat juga menggunakan cairan pembersih khusus. Sebelum memilih perabot yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis plastik yang biasa digunakan sebagai material furnitur.

  • Polypropylene (PP)

Polypropylene cenderung lebih murah dari material lain namun tetap memilki kekuatan yang baik pula. Kelebihan lainnya yakni lebih kuat dan memiliki resistensi terhadap sinar UV.

Memperindah Rumah Minim Budget? Furniture Plastik Bisa Jadi Solusi

  • Acrylonitrile Butadine Styrene (ABS)

Material plastik yang satu ini merupakan polimer organic dengan kekuatan cukup bagus. Berbagai produk furniture plastik umumnya memakai bahan ini karena mudah dibentuk dan memiliki durabilitas baik. Namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan di luar ruangan terlebih dalam jangka waktu panjang karena karakteristiknya kurang kuat terhadap sinar matahari. Plastik jenis ini biasa digunakan untuk kursi plastik, mangkuk, hingga mainan lego.

  • Polyvinyl Chloride (PVC)

Kelebihan dari Plastik PVC adalah harga yang cenderung murah dengan durabilitas tinggi. Biasanya digunakan pada plastik pembungkus (cling wrap), kulit sintesis, mainan, selang, pipa, jendela, dan lain sebagainya. Namun plastik jenis ini cenderung sulit untuk di daur ulang. Karena kekuatan dan daya tahannya plastik PVC biasanya digunakan pada kegiatan konstruksi.

  • Polycarbonate (PC)

Furniture plastik dari material satu ini dapat diketahui dengan mudah karena penampakannya yang menyerupai kaca bening. Material yang nampak seperti kaca memberi tampilan yang elegan dibanding plastik jenis lain. Selain itu Polycarbonate cukup kuat dan tahan banting.

  • Akrilik atau Polymethyl Methacrylate (PMMA)

Polymethyl Methacryalate (PMMA) atau biasa disebut dengan akrilik biasa digunakan pada furnitur kursi, jendela pesawat, serta display cabinet. Karakteristiknya hampir mirip dengan polycarbonate tetapi lebih tahan goresan dan murah. Ketahanan akrilik juga patut diperhitungkan karena tidak mudah pecah, ringan, mudah dipotong, dibor, dihaluskan, serta di cat.

Jenis-jenis plastik tersebut merupakan material yang biasa digunakan pada perabot rumah tangga. Namun perlu diperhatikan, furniture plastik memiliki beberapa kekurangan yakni desain yang dianggap kurang elegan dibanding material kayu, metal maupun kain. Untuk mensiasati hal tersebut Anda dapat memilih furniture kombinasi antara plastik dengan bahan lain.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfashion.com

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memperindah rumah menggunakan furniture plastik. Sesuaikan desain termasuk warna, corak, dan tekstur furniture dengan ruangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *