Memilih Perabotan Minimalis Terbaik untuk Menjadikan Ruangan Mungil Terlihat Lebih Lapang

Kini untuk menjadikan rumah mungil terasa nyaman dan juga indah terasa lebih mudah dengan adanya pilihan perabotan minimalis. Masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan biasanya memiliki hunian yang berdiri di lahan dengan luas terbatas. Sehingga memiliki ruangan yang juga tidak terlalu luas, meski begitu bukan berarti tidak memerlukan perabotan. Sebab bagaimanapun juga kenyamanan tinggal di sebuah rumah bisa terasa ketika perabotan nya tersedia untuk berbagai kegiatan.

Mengakali Ruangan Minimalis dengan Perabotan Ideal

Luas ruangan yang terbatas bisa dipadukan dengan baik memakai perabotan yang juga memiliki ukuran yang terbatas. Beberapa perabotan didesain sangat minimalis untuk membantu memberikan fungsi sebagai perabotan namun nampak apik dan nyaman diletakkan di ruangan kecil. Perabotan yang dipilih tidak harus selalu berukuran mini, bisa juga membatasi jenis perabotan. Usahakan menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga perabotan yang ada lebih fungsional jadi tidak terlalu penuh.

Ruangan yang minimalis ternyata cukup menguntungkan untuk berhemat biaya pengadaan perabotan rumah. Sebab memerlukan perabotan dalam jumlah terbatas, kemudian hiasan di dinding pun sebaiknya dibatasi supaya kesannya lebih lapang. Hiasan pada dinding memang memberikan sentuhan elegan dan indah, namun tetap saja harus menyesuaikan dengan kondisi ruang. Terlalu banyak hiasan akan membuat konsep ruangan terasa lebih berat sehingga terkesan lebih sempit, maka penting untuk dihindari dengan menyediakan hiasan seperlunya saja.

Perabotan Terbaik untuk Ruang Minimalis

Apabila masih bingung memilih jenis perabotan minimalis yang pas diletakkan di ruangan terbatas, maka berikut beberapa panduan sederhana yang bisa diikuti:

Baca juga: MEJA ANTIK UNTUK RUANG TAMU YANG MODERN

  • Perabotan dengan ukuran mungil,

Menjadikan sebuah ruangan sempit terlihat lebih lapang bisa diakali dengan memakai perabotan dengan dimensi atau ukuran mungil. Sehingga ada banyak sisa ruang yang tersisa untuk dibiarkan kosong atau diisi dengan perabotan penting lain. Misal untuk menata ruang tamu tidak perlu cemas hanya meletakkan satu kursi sofa yang hanya muat 3 atau 2orang.

  • Memilih perabotan dengan warna cerah,

Warna cerah yang dimaksud disini adalah warna natural yang cenderung lembut, sehingga bukan warna-warna yang terlalu berani. Pilihan warna yang cerah bisa mengambil warna putih, kuning pastel, biru langit, coklat muda, abu muda, dan lain sebagainya. Warna perabotan yang gelap akan menjadikan ruangan terkesan menyempit sehingga perlu dihindari. Pemakaian perabotan bergaya shabbychic sepertinya bisa diandalkan sebab identik dengan warna-warna pastel nya yang lembut dan cocok untuk ruangan minimalis.

  • Menggunakan perabotan dengan material kaca,

Memasang cermin pada dinding atau menjadikan kaca sebagai pembatas ruang sekaligus penghias ruangan ternyata cocok untuk ruangan minimalis. Gunakan perabotan yang memiliki material kaca transparan, misal pada meja atau seperti tadi dengan memasang cermin di dinding. Kaca transparan maupun cermin ampuh sekali memberikan ilusi bahwa ruangan lebih luas dari yang sebenarnya. Sehingga menata ruangan minimalis tidak terlalu dipusingkan dengan perabotan tertentu sebab bisa mengandalkan perabotan kaca tadi.

  • Ada baiknya memilih perabotan multifungsi,

Beberapa negara maju memberikan kemudahan untuk memiliki hunian nyaman meski luasnya terbatas, dengan perabotan multifungsi. Semisal memakai perabotan yang bisa dilipat dan disimpan, misal sebuah meja yang jika diperlukan bisa dikeluarkan. Sebaliknya saat keperluan sudah selesai bisa dilipat dan disimpan sehingga menyisakan ruang kosong yang tentunya sangat lega. Perabotan multi fungsi selalu cocok dimasukkan ke dalam ruangan minimalis, sehingga dikatakan pula sebagai perabotan minimalis kaya fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *