Memilih-milih Model Lemari di Dapur, Pilih Seperlunya Saja!

Ketika membicarakan lemari, orang biasanya akan cenderung langsung mengasosiasikannya dengan lemari untuk pakaian. Padahal kalau Anda melihat di rumah Anda sendiri, jenis-jenis lemari itu ada banyak. Lemari bisa digunakan sebagai tempat untuk arsip, tempat buku, pajangan, dan tentunya juga peralatan masak di dapur. Kali ini, yang akan dibahas adalah model lemari yang terakhir tersebut, yakni lemari untuk di dapur.

Lemari dapur memiliki peran yang sangat penting dalam kerapian dapur Anda. Bayangkan jika tak ada lemari dan rak di dapur untuk menyimpan piring, wajan, dan berbagai bumbu masakan, di mana Anda akan menyimpannya? Kebanyakan pasti langsung meletakkan sembarangan saja, ditumpuk di sana-sini, dan membuat dapur semakin terlihat kotor dan suram. Lemari dapur akan memudahkan Anda membersihkan dan membuat dapur makin asri.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai model lemari dapur yang ada, silahkan lihat daftar di bawah ini:

  • Lemari oven

Sesuai dengan namanya, lemari ini biasanya terletak di sebelah oven, dan di dapur yang kecil ada di bawah atau atas oven. Biasanya lemari ini digunakan untuk menyimpan peralatan masak yang baru saja dipakai. Lemari di bawah oven sendiri biasanya dipakai menyimpan panci dan wajan.

  • Lemari wastafel

Lemari di bawah wastafel, sehingga pipanya tak terlihat. Ukuran lemari ini cukup besar, dan biasanya hanya untuk menyimpan peralatan untuk membersihkan wastafel, karena kondisi di dalamnya lembab.

  • Lemari pantry

Biasanya ada di bagian atas. Digunakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan, bumbu, dan peralatan dapur berukuran sedang dan kecil yang sering dipakai. Biasanya terbuat dari kayu atau kaca yang kuat dan awet, serta banyak laci.

  • Lemari dinding

Biasanya terdapat sepanjang dinding dapur, dan digunakan untuk tempat piring, gelas, dan makanan kering. Banyak laci dan juga sekatnya.

  • Lemari island

Biasanya ada di dapur besar, karena lemari ini ada di tengah-tengah. Bagian atasnya kadang digunakan sebagai tempat sarapan atau bar.

Baca Juga : MENGAMBIL PILIHAN LEMARI TERBARU RUPANYA MEMBERIKAN KEUNTUNGAN TERSENDIRI

Pertanyaannya, mana lemari yang Anda perlukan? Ini jelas tergantung dari banyak faktor, seperti peralatan dapur yang Anda miliki. Jika Anda tak memiliki oven misalnya, Anda tak perlu lemari oven. Demikian juga dengan lemari island yang hanya bisa muat di dapur yang besar. Tidak semua jenis lemari di atas wajib atau harus ada di dapur Anda.

Ketika Anda memilih jenis-jenis lemari untuk dapur, pastikan Anda memilihnya berdasarkan pertimbangan berikut ini:

  • Bahan lemari

Ingat, lemari dapur akan terekspos asap, air, dan berbagai situasi lain yang akan membuatnya cepat lapuk. Pastikan Anda memilih bahan yang kuat, anti air, dan tidak gampang keropos. Logam, kaca, maupun kayu dipernis bisa jadi pilihan.

  • Ukuran

Sesuaikan ukuran lemari dengan dapur dan banyaknya peralatan memasak yang Anda miliki. Pertimbangkan juga bahwa Anda akan menyetok makanan di dalamnya.

  • Desain lemari

Pastikan bahwa desain lemari Anda cocok dengan konsep ruang dapur. Gaya lemari minimalis jelas tak akan cocok dengan gaya dapur yang berkonsep klasik.

  • Warna

Pastikan juga bahwa warna lemari mudah dilihat dan dibedakan dari bagian dapur yang lainnya.

Dengan banyaknya model lemari dapur yang ada sekarang ini, Anda sebenarnya bebas memilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan memaksakan untuk membeli lemari dapur yang terlalu besar, yang ternyata tak bisa dimasukkan ke dalam dapur Anda. Ambil saja yang bisa memuat perlengkapan masak dan makanan yang Anda miliki.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *