Memilih Meja Kayu untuk Cafe atau Warung Makan

Merintis usaha warung makan atau cafe merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Kecenderungan menusia modern untuk nongkrong dan makan di luar rumah merupakan peluang yang cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Ketika merintis usaha warung makan atau cafe, banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah furniture berupa meja dan kursi untuk makan. Dalam memilih kursi, pengelola cafe atau warung harus mempertimbangkan konsep warung tersebut. Namun, apapun konsep sebuah cefe, meja dan kursi yang paling cocok untuk diletakkan di warung makan atau cafe adalah meja dan kursi berbahan kayu. Memilih kursi berbahan kain atau busa sangat rentan jika ditumpahi makanan atau minuman, sehingga memilih meja dan kursi kayu lebih disarankan. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih kursi dan meja kayu untuk cafe atau warung makan.

Bahan Kayu yang Kokoh

Meskipun meja dan kursi kayu sangat disarankan untuk cafe atau warung makan, namun tidak semua meja kayu cocok diletakkan di cafe, sebab banyak sekali jenis kayu yang mudah keropos jika sering ketumpahan air. Oleh sebab itu, meja dan kursi dengan bahan kayu yang kokoh sangat disarankan. Pilihlah kursi dan meja yang diproduksi dari bahan kayu jati, mahoni, atau durian. Jenis-jenis kayu tersebut relatif lebih kuat dibandingkan jenis kayu lainnya, dan cenderung lebih tahan terhadap air dan rayap.

Dilapisi dengan Kaca atau Cat Anti Air

Untuk meja, agar meja lebih awet dan tahan lama, lapisilah meja dengan kaca yang tebal, sehingga akan lebih mudah dibersihkan dan tidak akan mudah pecah jika beradu dengan gelas atau piring makanan. Namun, jika meja dengan lapisan kaca dianggap kurang artistik dan tidak cocok dengan konsep warung makan, pengelola cafe atau warung makan tersebut bisa menyiasatinya dengan memberikan lapisan cat anti air untuk meja tersebut. Pilihlah warna cat yang sesuai denagn konsep cafe.

Tinggi Kursi yang Sesuai dengan Meja

Selain mempertimbangkan jenis dan modelnya, ukuran tinggi kursi dan meja harus dipertimbangkan. Sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi permukaan meja, agar ketika makan dan minum, pengunjung tidak terlalu mendongak dan bisa menjikmati hidangan dengan nyaman. Untuk ukuran tinggi kursi yang standar, usahakan kaki orang dewasa bisa menyentuh lantai ketika duduk. Sementara untuk tinggi meja, usahakan tinggi meja berada di bawah dada orang dewasa ketika duduk di kursi.

Jangan Memilih Meja Ukiran

Salah satu pertimbangan lain ketika memilih meja kayu untuk cafe atau warung makan adalah, jangan  memilih meja yang dihiasi dengan ukiran, sebab akan lebih sulit dibersihkan. Pilihlah meja dengan bentuk yang datar agar lebih mudah dibersihkan, dan ukiran motif meja tidak menjadi tempat untuk menampung debu atau kotoran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *