Memilih Meja Kayu Sebagai Perabot Rumah Tangga

Dalam sebuah rumah, perabot rumah tangga memang sangat dibutuhkan untuk mendukung keindahan didalam rumah. Selain untuk menjadi pajangan, perabot rumah tangga sangat penting karena memberikan banyak manfaat. Salah satu perabot rumah yang harus ada didalamnya yaitu meja. Ada banyak jenis meja yang digunakan dan bermacam-macam pula bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Salah satunya yaitu meja kayu.

Memilih Meja Kayu Sebagai Perabot Rumah Tangga

Meja kayu adalah salah satu diantara banyak jenis meja yang beredar dipasaran. Meja ini memiliki fungsi serba guna, salah satunya menjadi meja makan kayu. Set meja makan kayu merupakan furniture yang sering dijumpai pada setiap rumah yang keberadaannya sangatlah penting. Untuk mendapatkan meja makan kayu yang berkualitas baik, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini :

  • Ukuran Set Makan

Pertama kali yang harus diperhatikan yaitu ukuran meja kayu. Langkah awal lihatlah ukuran ruang makan Anda, jika tidak terlalu luas maka pilihlah membeli set makan dengan jumlah 4 kursi saja dan meja persegi.

  • Pemilihan Desain

Dalam pemilihan desain hal ini juga penting, jika rumah Anda memiliki ukuran yang minimalis pastikan memilih set makan dengan desain minimalis juga. Hindari salah dekor dengan memilih set makan dengan full ukiran yang sangat mewah. Hindari pemikiran membeli perabot yang mahal namun malah membuat rumah menjadi tidak nyaman.

  • Pemilihan Bahan

Pada umunya, furniture yang dijual dipasaran atau online terbuat dari bahan baku kayu jati solid dan mahoni. Walaupun terkadang ada custom furniture yang memesan memakai kayu mindi sono ataupun meh bahka tak jarang pula yang menggunakan material besi dan baja. Desain dengan menggunakan kayu sangatlah bagus, karena kayu memiliki sifat keras dan memiliki urat atau tekstur yang baik saat finishing dan bersifat tahan akan air. Sedangkan meja makan yang terbuat drai partikel triplex mudah melengkung jika terkena air.

  • Konstruksi

Jangan lupa memastikan set meja kayu yang akan dibeli benar-benar memiliki konstruksi yang kokoh dan baik sehingga akan lebih awet dan bisa tahan lama untuk masa penggunaannya. Konstruksi yang baik memiliki ciri siku-siku hampir disetiap sudutnya, lem pada kayu benar-benar merekat, simetris dan lain-lain.

  • Finishing

Dalam proses finishing ini banyak sekali pemilihan warna tergantung selera Anda dan sesuaikan dengan desain rumah. Pada umumnya dibagi menjadi 4 bagian warna, yaitu : natural/alami, antique/antik, modern, dan klasik.

  • Membeli dari Penjual Terpercaya

Banyak penjual furniture yang menyebar di Indonesia, baik secara showroom ataupun secara online.Sebaiknya belilah meja kayu ini secara langsung dari penjual agar dapat melihat kualitasnya. Dan sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Nah, itulah beberapa cara memilih meja kayu untuk meja makan yang tepat untuk rumah Anda. Memilih set meja makan yang sesuai walaupun terjangkau akan lebih baik daripada memilih yang mahal namun tidak sesuai dengan kondisi rumah yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *