Memilih Kursi Tamu Yang Tepat

Mendesain ruang tamu sehingga terasa nyaman dan cantik penting untuk kamu perhatikan. Ruang tamu yang nyaman akan membuat tamu, teman, atau kerabat yang datang berkunjung merasa betah. Selain kesan baik yang kamu dapat, bukankah menyenangkan jika kamu bisa melewatkan waktu berbincang dengan mereka di ruangan ini. Merencanakan desain interior ruang tamu bisa kamu mulai dengan memilih desain kursi tamu yang tepat. Pemilihan kursi tamu yang tepat dan sesuai selera kamu, akan menunjang penampilan ruang tamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih kursi tamu yang tepat.

 

  • Sesuaikan dengan Dekorasi Ruangan

Model kursi yang akan kamu pilih haruslah sesuai dengan tema yang diusung oleh rumah itu sendiri. Akan tampak aneh jika ruang tamu kontemporer diisi dengan kursi minimalis nan modern. Kesan kontemporer akan semakin kuat terpancar jika kamu memilih kursi yang memiliki ukiran dan detail klasik lainnya. Contoh lain misalnya, jika perabot di ruang tamu didominasi oleh material kayu, akan bijak jika detail dan aksen ruangan, seperti kursi samping, terbuat dari material kayu pula.

  • Material yang digunakan

Ada banyak pilihan material yang bisa kamu pilih. Mulai dari kayu utuh hingga rangka kayu atau logam yang dilapisi dengan busa dan fabric beraneka rupa. Kayu akan memperkuat kesan kontemporer jika ditempatkan di ruangan bergaya klasik. Namun, pengaplikasian kayu pada ruangan modern minimalis pun dapat menambah kesan natural yang hangat. Jika kamu ingin menambahkan kayu ke hunian kamu, sebaiknya kenali jenis kayu terlebih dahulu. Kayu jati adalah satu yang memiliki tekstur khas, kekuatan, serta ketahanan yang paling baik di antara kayu jenis lainnya. Namun, kayu jati memiliki beberapa kelas yang membuatnya berbeda dari segi kualitas dan harga. Lain halnya dengan sofa atau jenis kursi tamu berbusa lainnya, material pelapis dan juga busa yang digunakan adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan ruang tamu kamu. Perhatikan kerapihan jahitan dan kekuatan bahan, agar sofa yang kamu miliki memiliki umur yang panjang.

  • Desain yang Apik dan Kebutuhan

Sekali lagi, jangan mau membeli kursi karena desainnya yang bagus saja. Selain desain, kebutuhan kamu terhadap kursi itu harus terpenuhi terlebih dahulu. Jika rumah kamu tergolong kecil sehingga memaksa ruang tamu merangkap sebagai ruang keluarga, sebaiknya kamu pertimbangkan awet tidaknya produk tersebut jika diduduki sepanjang waktu. Setelah kebutuhan kamu terpenuhi, kamu bisa melihat ke desain dan modelnya. Sangat disarankan untuk memilih desain yang tidak terpaku oleh zaman. Dengan begitu, meskipun trend berganti, kursi tamu tidak akan membuat bosan atau terkesan ketinggalan zaman.

  • Kualitas dan Harga

Harga adalah pertimbangan relatif ketika kamu hendak membeli kursi tamu. Harga mahal tidak selalu menjadi patokan kualitas. Banyak produk yang memiliki kualitas baik namun dipatok dengan harga bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *