Mau Beli Atau Pesan Lemari Pakaian? Ketahui Dulu Faktor-faktor Ini!

Lemari pakaian adalah salah satu perabotan yang wajib untuk ada di kamar Anda. Tanpa adanya lemari tersebut, di mana Anda akan menyimpan pakaian Anda? Bahkan lemari baju ini pun bisa sekaligus berguna sebagai dekorasi, membuat kamar yang tadinya membosankan menjadi terlihat unik. Tentunya tergantung dari desain yang Anda pilih. Karena fungsinya tersebut, jangan sampai Anda salah pilih!

Langsung saja, kalau Anda akan membeli lemari untuk menyimpan pakaian-pakaian Anda, 4 hal berikut ini harus Anda pertimbangkan masak-masak:

  • Ukuran

Perkirakan dulu berapa banyak pakaian yang akan Anda simpan di dalamnya. Kalau Anda berencana untuk terus menambah, atau Anda masih memiliki ruang, maka tak masalah jika Anda mencari yang besar. Tapi kalau tempat terbatas, cari yang pas untuk ukuran kamar.

  • Bahan

Pilih lemari yang tak akan dirayapi, bisa tahan lama, anti air, tidak gampang keropos, dan bisa menjaga pakaian Anda tetap kering. Baik Anda memilih lemari kayu atau plastik, ingat-ingat ini.

  • Desain dan warna

Akan lebih baik lagi jika desain dan warna lemari yang Anda beli bisa menyatu dengan ruangan kamar sehingga lebih serasi.

  • Harga

Sediakan budget untuk membeli lemari baju ini. Lemari yang bagus akan memerlukan biaya yang tak sedikit, jadi siap-siap saja.

Tentu saja, menentukan 4 aspek di atas hanyalah sebagian kecil dari proses pemilihan lemari pakaian. Seperti yang pastinya sudah bisa Anda perkirakan, yang namanya desain dari lemari-lemari seperti ini ada sangat banyak. Pertimbangkan dulu Anda sudah mempertimbangkan segala model yang Anda sukai, supaya nanti ketika Anda sudah membeli, Anda tidak merasa menyesal.

Baca juga: AKIBAT SALAH MEMILIH LEMARI KAYU

Berikut ini adalah beberapa tipe dari lemari baju yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Lemari klasik

Desain dari lemari ini biasanya cocok untuk rumah bergaya tradisional dan klasik. Biasanya terbuat dari kayu, dengan 2 pintu, gantungan baju, 1 laci, dan pintu jenis swing.

  • Lemari sliding door

Lemari minimalis dengan model sliding door atau pintu geser sehingga menghemat tempat. Biasanya memiliki pintu kaca dan ada rak.

  • Lemari multifungsi

Lemari ini tak hanya berfungsi menyimpan pakaian Anda, tapi juga menjadi rak, tempat cermin, bahkan tempat TV dan rak buku. Berguna kalau Anda hanya memiliki ruang terbatas.

  • Lemari kabinet

Lemari tinggi sampai mencapai plafon. Bisa untuk koper, pakaian, sepatu, dll.

  • Lemari built-in

Lemari ini ditanam di dalam dinding sehingga menghemat ruang.

Mana pun yang Anda pilih untuk lemari Anda, pastikan juga Anda memilih bahan yang tepat. Berhubung lemari biasa dari kayu, berikut ini jenis kayu yang bisa direkomendasikan:

  1. Kayu solid – kuat, kokoh, dan tahan cuaca serta rayap, namun sangat mahal. Jenisnya biasanya kayu jati.
  2. Plywood – alias tripleks. Terbuat dari beberapa lembar kayu yang dipress. Semakin tebal semakin bagus. Murah dan banyak ditemukan di pasaran.
  3. Teakblock – lapisan luar dari kayu jati, tapi dalamnya kayu lunak. Harga terjangkau dan cukup mudah dibuat.
  4. Blockboard – balok kayu yang dipadatkan. Cocok untuk perabot dalam ruangan karena tak begitu kuat perubahan cuaca.

Sebenarnya masih ada lagi jenis kayu untuk lemari pakaian, seperti particle board dan juga MDF. Tapi kedua jenis papan tersebut tak tahan dengan air maupun udara yang lembab. Padahal Indonesia adalah tempat di mana kelembaban udaranya sangat tinggi. Kalau Anda hendak membuat lemari atau membelinya, usahakan cari dari 4 bahan di atas saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *