Macam – Macam Perabot Kantor dan Fungsinya

Perabot kantor adalah sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan suatu kantor. Ada banyak jenis perabotan kantor, seperti: meja, kursi, rak, lemari dsb. Jenis-jenis perabot tersebut masuk ke dalam sarana prasarana yang tidak habis pakai. Artinya, dapat dipakai terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini adalah macam Macam perabotan kantor yang wajib ada.

  • Meja Kantor

Meja di kantor salah satu perabotan yang fungsinya sangat penting yaitu digunakan untuk mengerjakan pekerjaan atau menyimpan perkakas kantor lainnya, seperti: komputer, printer, alat-alat tulis kantor dsb.

Berbeda dengan meja untuk kebutuhan di rumah, pada meja kantor harus memenuhi syarat-syarat yang ideal. Diantaranya adalah:

  • Bagian depan meja tidak seluruhnya tertutup. Hal tersebut agar peredaran udara lancar sehingga kaki para pegawai yang menggunakan meja tidak merasa panas.
  • Pastikan bagian permukaan meja tidak mengkilat, karena jika mengkilat bisa membuat mata pegawai silau dan tidak nyaman saat digunakan.
  • Luas meja disesuaikan dengan kedudukanyang menggunakannya. Namun sebaiknya meja untuk kantor tidak boleh terlalu besar dan sudutnya dapat terjangkau oleh tangan.

Baca Juga : PERABOTAN RUMAH TANGGA YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK RUMAH BARU

  • Kursi Kantor

Sama seperti meja, perabot kursi kantor juga harus sesuai dengan syarat atau standar yang tepat. Syaratnya yaitu: sebaiknya bisa diatur tinggi rendahnya, kuat dan kokoh, bentuknya sesuai dengan bentuk orang yang mendudukinya, memiliki bagian senderan pada bagian belakang, nyaman saat diduduki.

Kursi kantor ada beberapa model dan bisa dijadikan sebuah penanda jabatan. Misalnya kursi pimpinan biasanya memiliki roda dibagian kaki kursi sehingga lebih mempermudah gerak kursi dan memiliki jok yang tebal dan empuk.

  • Lemari

Pengorganisasian benda-benda kantor harus tertata dengan rapi, dengan tujuan agar lebih mudah menyimpan dan mengambilnya kembali. Perabot kantor untuk menyimpan benda-benda adalah lemari. Ada banyak jenis lemari kantor sesuai dengan fungsinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lemari warkat adalah  lemari yang digunakan untuk menyimpan kertas-kertas yang belum diolah atau belum dipindahkan ke bentuk file.
  • Lemari rak adalah yang mirip dengan lemari marka, biasanya digunakan untuk menyimpan map atau laporan yang sudah dibundel.
  • Lemari brankas adalah lemari yang fungsinya untuk menyimpan check, surat berharga dan uang. Karena fungsinya untuk menyimpan benda-benda berharga maka lemari model ini sudah dilengkapi keamanan kode nomor atau gembok.

Selain lemari, ada juga tempat menyimpan benda-benda yang ukurannya lebih kecil. Seperti filling cabinet yaitu kotak yang terdiri dari beberapa kotak kecil diatasnya. Fungsinya untuk menyimpan map atau kartu yang ukurannya 25×35 cm.

Selain itu ada juga perabot kantor berupa laci-laci atau semacam rak lemari namun ukurannya lebih kecil dari fiiling cabinet. Biasanya digunakan untuk menyimpan alat-alat tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *