Kursi Kayu Anda Diserang Rayap? Ini Cara Mengatasinya dengan Mudah!

Kursi adalah bagian dari furniture yang tak akan bisa dilepaskan dari rumah. Dengan adanya kursi, maka tentu fungsi dari rumah bisa berjalan dengan lebih baik. Biasanya kursi diletakkan di ruang tamu, ruang makan dan lain sebagainya. Untuk kesan tradisional, biasanya kursi yang digunakan adalah kursi kayu. Meski berbahan kayu, kini model kursinya pun sudah sangat bervariasi sehingga bisa menjadikan desain interior rumah kian menawan.

 Kursi Kayu Anda Diserang Rayap? Ini Cara Mengatasinya dengan Mudah!

Namun, kursi dengan berbahan kayu sangat rentan untuk terkena rayap. Tentunya hal ini sangat merugikan sekali karena kursi bisa lebih mudah untuk rusak. Oleh karena itu, jika Anda menemukan rayap di kursi atau furniture berbahan kayu di rumah, maka langsung usir dengan cara berikut ini:

  • Oli rantai atau oli bekas

Jika Anda sering membuang oli yang sudah bekas usai servis kendaraan, maka ada baiknya untuk tidak langsung dibuang. Anda bisa simpan dulu oli-oli bekas tersebut karena oli ini bisa dipakai untuk usir rayap yang ada di berbagai furnitur kayu Anda. Untuk caranya pun mudah saja. Cukup oleskan oli tersebut ke beberapa bagian yang berpotensi disinggahi rayap. Hanya dengan bau menyengat oli saja, rayap sudah pasti kabur tunggang langgang.

  • Kapur barus

Banyak yang berpikir jika kapur barus hanya bisa digunakan untuk mengusir semut dan juga kecoak saja. Padahal, kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir rayap. Perlu diketahui jika kapur barus adalah kristal yang gampang menyublim. Bahan pewanginya berasal dari getah pada pohon kayu kapur barus. Getah ini memiliki kandungan zat kimia alami Naftalen dimana selain bahan pewangi juga bisa untuk anti serangga. Rayap pun juga tidak suka akan bau dari kapur barus ini sehingga bisa jadi cara Anda mengusirnya.

  • Air tajin

Biasanya air tajin bisa untuk dikonsumsi. Meski demikian, air tajin juga bisa dipakai untuk membunuh rayap di kursi kayu kesayangan Anda. Tentu menyebalkan sekali jika Anda menemukan rayap memakan bagian kayu di kursi kesayangan Anda. Untuk itu, Anda bisa gunakan air tajin ini. Caranya, masukkan air tajin ke semprotan lalu semprot ke bagian rayap bersarang. Nantinya rayap akan pergi dan yang tak bisa pergi akan mati.

  • Rendaman tembakau dan garam

Untuk mengalahkan rayap, formula yang satu ini adalah yang paling sering diandalkan. Ya, dengan menggunakan tembakau dan juga garam. Caranya pun mudah saja karena Anda hanya perlu rendam tembakau bersama garam dan tutup. Biarkan rendaman ini semalaman. Jika sudah, langsung saja masukkan ke botol semprot lalu semprotkan ke bagian furnitur yang biasa jadi tempat bersarang para rayap.

 Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Itulah beberapa cara usir rayap di kursi kayu dan furnitur Anda. Ternyata mengusir rayap cukup mudah bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *