Keunggulan dari Ukiran Jepara yang Sudah Dikenal Banyak Khalayak

Ukiran Jepara yang memiliki sisi keindahan dan seni yang bergitu kental, tidak hanya menjadikan ukiran Jepara yang memiliki kegunaan, tetapi juga dapat menambah kesan kebudayaan Nusantara pada sebuah bangunan. Kesenian yang satu ini memang banyak digunakan di banyak bagian dari sebuah hunian. Mulai dari yang memiliki gaya bangunan antik ala zaman dulu maupun hunian dengan gaya modern, ukiran Jepara memang selalu cocok digunakan.

Keunggulan dari Ukiran Jepara yang Sudah Dikenal Banyak Khalayak

Ukiran Jepara sendiri memiliki ciri khas pada motif-motifnya, seperti motif Trubusan, motif Tangkai Relung, dan juga motif Jumbai. Selain itu, ukiran Jepara juga memiliki keunggulan-keunggulan yang tentu saja menjadi daya pikatnya. Maka tidak heran jika ukiran Jepara terlihat berbeda dengan ukiran-ukiran dari daerah.

Berikut ini penjelasan mengenai keunggulan-keunggulan ukiran Jepara:

  • Keunikan Ukiran yang Tidak Putus

Keunggulan pertama terletak pada motifnya yang tidak terputu begitu saja, menjadikan ukirannya terlihat searah dan memiliki alur yang begitu dinamis dan mengalir.

  • Ukiran yang Mengandung Nilai Filosofis

Ukiran Jepara tidak dibuat begitu saja hanya dengan menonjolkan nilai keindahan yang dimiliki, tetapi juga sisi filosofisnya yang bermakna tentang nilai kehidupan. Inilah sisi seni yang kental pada ukiran Jepara.

  • Ukiran Jepara Tidak Sekedar Indah, Tetapi Juga Tidak Kaku

Ukiran Jepara tampak tidak kaku, dengan motif-motifnya yang seolah hidup dan memiliki keindahan dengan ciri khasnya sendiri. Selain itu, pada ukiran Jepara juga terlihat begitu luwes motifnya.

  • Bersih dan Rapi

Inilah satu keunggulan yang menjadikan daya tarik ukiran Jepara yang selalu banyak dicari oleh peminatnya, terlihat rapi dan juga bersih.

  • Memiliki Motif ¬†yang Khas

Setiap hasil katya seni di setiap daerah memang memiliki ciri khasnya sendiri, tidak terkecuali untuk ukiran Jepara, yang memiliki motif khas berupa bagian-bagian tumbuhan seperti daun, ranting, dan juga buah yang biasanya juga dipadukan dengan motif lain seperti Burung Merak. Selain itu, motif ukiran Jepara biasanya juga dipadukan dengan kombinasi ulir dan cawen. Ulir itu berupa alur-alur berputar sedangkan cawen adalah guratan-guratan.

  • Memiliki Tingkat Kerumitan yang Tinggi

Desain untuk ukiran Jepara memang tampak lebih rumit dengan motif-motif khasnya, namun justru itu yang menjadi daya tariknya. Dan juga, memiliki model realif yang menambah keindahan pada setiap ukirannya.

  • Cocok untuk Berbagai Dekorasi

Tidak heran aklau banyak yang mencari ukiran Jepara dan membuat harga jualnya tinggi, karena memang ukiran Jepara cocok digunakan untuk semua dekorasi. Dekorasi zaman dulu ataupun dekorasi modern.

 Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

 

  • Menggunakan Material Unggulan

Hal ini dikarekan ukiran Jepara menggunakan material berbahan kayu berkualitas seperti kayu jati atau kayu mahoni.

Itulah keunggulan-keunggulan dari ukiran Jepara yang mungkin membuat Anda tertarik memilikinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *