Kenali 4 Jenis Kayu yang Sering Dipakai dalam Pembuatan Furniture Kayu

 

 

Dalam proses pembuatan furniture tentu seorang pengrajin akan membutuhkan bahan baku dan peralatan yang mendukung. Pengrajin furniture bisa dikatakan sebagai sosok yang sangat kreatif dan cerdas sebab bisa merombak sebatang kayu menjadi kursi yang cantik. Tadinya orang beranggapan material seonggok kayu hanya bisa dijadikan sebagai bahan tidak berguna selain dibiarkan teronggok di pojokan. Namun di tangan pengrajin furniture kayu yang tadinya tidak memiliki nilai bisa disulap menjadi perabot seperti kursi, dipan, dan tentunya barang pajangan.

Baca juga: TIPS MEMILIH JASA PEMBUATAN FURNITURE

Kenali Jenis-jenis Kayu Bahan Dasar Furniture

Sebagian besar furniture di tanah air menggunakan material kayu, pada kursi sofa pun memakai beberapa kayu sebagai bahan bantalan sofa. Nah, tahukah Anda jenis kayu yang digunakan pengrajin? Rupanya ada beberapa jenis kayu yang sering dipakai, berikut beberapa diantaranya:

  • Kayu akasia,

Sekilas kayu akasia memiliki penampakan serupa kayu jati dengan bobot yang berat dan juga warna alaminya. Namun berbeda meski sama-sama kuat, kayu akasia sendiri bisa ditemukan dengan harga lebih murah. Maka bisa dijadikan alternatif apabila kesulitan menyediakan budget untuk membeli furniture dari kayu jati.

  • Kayu jati,

Masyarakat kita tentu sudah sangat kenal dengan kayu jati, bagi orang awam bisa mengatakan furniture dari kayu dianggap terbuat dari kayu jati. Pasalnya kayu jati memang sangat tersohor sebagai bahan baku pembuatan furniture di Indonesia. Selain kuat dan juga berat, kayu jati memiliki tekstur alami yang indah sehingga cukup ditutup pernis maka sentuhan elegan akan didapatkan. Meskipun mahal namun sejalan dengan kualitas, semakin tua kayu jati yang dipergunakan pengrajin maka semakin mahal harganya karena kualitas yang semakin meningkat.

  • Kayu snorkeling,

Kalau Anda menjumpai furniture dari bahan kayu namun punya warna gelap dan punya motif alami, antara warna gelap dan terang. Bisa jadi Anda tengah memandangi furniture yang terbuat dari kayu snorkeling. Kayu snorkeling memiliki warna hitam yang khas namun tidak sehitam arang, uniknya kayu ini punya motif yang terbentuk secara alami sehingga hasil jadinya lebih elegan. Selain itu kayu snorkeling juga dikenal memiliki kekuatan yang mirip dengan kayu jati, meskipun dijual lebih murah.

  • Kayu mahoni,

Jenis kayu yang juga sering dipakai pengrajin furniture di tanah air adalah kayu mahoni, alasannya adalah karena punya kualitas yang tidak kalah dengan kayu jati. Lumayan lebih ringan namun tetap kuat dan memiliki warna alami kuning kecoklatan yang khas dan bersih. Kayu ini kerap dipakai pengrajin untuk menurunkan biaya produksi, namun mampu menyediakan furniture dengan kualitas yang mumpuni. Melihat kayu snorkeling lebih murah maka jangan heran harga furniture jadinya juga murah apalagi proses pembuatan furniture dijamin lebih mudah karena kayu ini lumayan ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *