Kelebihan Kayu Jati yang Banyak Dicari Orang dan Juga Kekurangannya

Bagi kebanyakan orang, jenis kayu yang mudah disebutkan adalah kayu jati. Karena memang banyak sekali peminatnya, karena kayu jati sendiri memiliki banyak keunggulan dan juga berkualitas. Selain itu juga, kayu jati yang cocok di tanam di berbagai daerah dengan berbagai iklim. Membuatnya memang banyak dikenal.

Kelebihan Kayu Jati yang Banyak Dicari Orang dan Juga Kekurangannya

Kayu jati sendiri, adalah jenis kayu yang memiliki tekstur yang keras dan juga memiliki daya tahan begitu lama, bahkan hingga puluhan tahun. Kayu jati juga bisa tumbuh dengan ukuran yang besar. Ukuran batanganya saja bisa mencapai 2 meter dengan ketinggian yang bisa tumbuh sampai 30 meter lebih. Kayu jati juga memiliki manfaat jika ditanam, karena dapat mengurangi pencemaran udara dan mencegah terjadinya bencana longsor.

Sama seperti jenis kayu yang lain, kayu jati juga memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut penjelasan lengkapnya untuk menambah pengetahuan Anda:

  • Daya Tahan yang Lama dan Kuat

Kalau keunggulan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, sebab sangat jarang sekali ditemui kayu jati yang patah dan kering. Maka dari itu, jenis kayu yang satu ini memiliki kualitas yang unggulan dan memiliki harga jual yang tinggi.

  • Tahan Terhadap Cuaca

Kayu jati sangat tahan terhadap berbagai macam cuaca dan juga suhu, maka dari itu kayu jati sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam banyak hal seperti material bangunan ataupun furniture.  Tahan terhadap panas, dingin, bahkan cuaca bersalju sekalipun.

  • Serat-serat Kayunya yang Indah

Tidak heran jika kayu jati juga sering digunakan untuk bahan dekorasi atau furniture, karen aserat-seratnya yang cantik. Apalagi jika ditambahkan ukiran-ukiran pada permukaannya, mendabah kesan indah dan juga nilai seni yang tinggi.

  • Lebih Tahan Lama

Pasti banyak yang percaya kalau kayu jati memang memiliki daya tahan yang lebih lama, bahkan hingga puluhan tahun.

BACA JUGA: CARA MERAWAT KURSI ANTIK DARI BAHAN KAYU JATI

  • Tidak Mudah Berjamur

Karena kayu jati memang tahan terhadap berbagai cuaca, maka menjadikan kayu jati tahan terhadap jamur bahkan serangan serangga sekalipun.

Selain kelebihan, kayu jati juga memiliki kekurangan, berikut penjelasannya:

  • Gudal yang Besar

Gudal atau titik tengah dari kayu yang dimiliki kayu jati sangat besar dan lebih besar dari gudal dari kayu lain, selain itu titik tengah atau gudal ini mudah terkelupas.

  • Tidak Cocok Menggunakan Cat Duco

Pori-pori yang dimiliki kayu jati memang besar, sehingga tidak cocok jika menggunakan cat duco untuk finishing-nya. Kalaupu bisa juga membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih. Selain itu, karena kayu jati sedikit berminyak, jadi kalau diberikan cat duco akan memunculkan warna kekuningan pada permukaan kayu jati tersebut.

Memang harga kayu jati lebih mahal, namun itu sebanding dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki ketimbang kekurangannya. Maka tak heran kayu jenis ini banyak dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *