Kelebihan dan Kekurangan Meja dan Kursi Antik

Seperti produk dan benda yang lainnya, pada meja dan kursi antik tidak terkecuali memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan mebel antik? Berikut pembahasannya.

Kelebihan Mebel Antik

Kelebihan mebel antik adalah rasa puas karena mebel antik termasuk furniture yang jarang terlebih jika mebelnya memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Selain itu mebel antik yang diproduksi sekarang masih terbilang sedikit. Itu sebabnya bagi sebagian orang terutama bagi yang memiliki hobi mengumpulkan barang antik, memiliki mebel antik menjadi sebuah kebanggaan dan kepuasan batin.

Kelebihan lainnya adalah harganya yang sangat mahal, umumnya harga yang ditawarkan jauh di atas harga pasaran mebel-mebel buatan baru. Bahkan harganya bisa berpuluh puluh kali lipat. Tentu saja hal ini lebih menguntungkan penjual, namun Anda mendapatkan barang yang memiiki nilai seni yang tinggi yang mungkin saja suatu saat harganya bisa melebihi harga saat dibeli.

Kelebihan yang ketiga adalah kualitas bahan baku yang digunakan, yaitu kayu dan proses pengerjaannya yang membutuhkan ketelitian, detail. Itu sebabnya untuk memproduksi satu model saja membutuhkan pengerjaan yang lumayan lama. Pengerjaan mebel antik menggunakan cara manual (buatan tangan) harganya lebih mahal dibandingkan dengan mebel yang menggunakan mesin.

Kelebihan meja, kursi antik adalah bentuk dan desainnya yang unik, klasik dan dipengaruhi unsur budaya tempat / daerah atau jaman saat mebel tersebut dihasilkan menjadi salah satu ciri khas mebel antik.

Kelebihan yang terakhir adalah memiliki nilai historis dan nilai keindahan yang tinggi. Mebel antik lebih awet dan tahan lama. Bahkan mebel yang dibuat pada jaman penjajahan Belanda hingga sekarang masih tetap kokoh. Itu menandakan selain kayu yang digunakan berkualitas terdapat nilai historis atau cerita yang menyertai barang tersebut.

Kekurangan Mebel Antik

Kekurangan mebel antik adalah kondisi mebel antik yang sudah tua kadang terdapat warna yang sudah pudar serta kotor sehingga tampilannya menjadi kurang menarik. Meskipun bisa disiasati dengan cara finishing ulang namun cara tersebut bisa mengurangi keaslian dan nilai historisnya.

Selain itu kadang terdapat beberapa bagian dari mebel yang sudah rusak, misalnya pada lemari kadang ada pegangan, kunci tidak berfungsi dan lain sebagainya. Tapi jika Anda sedang beruntung, bisa jadi Anda mendapatkan mebel antik yang kondisinya masih bagus.

Bentuk mebel yang unik disatu sisi memberikan kelebihan yaitu keindahan yang klasik, namun di sisi lain menjadi kekurangan terutama jika tema rumah Anda menggunakan konsep modern dan minimalis menjadi berbenturan dan terlihat kontras. Mebel antik lebih cocok ditempatkan di ruangan/ rumah yang mengusung konsep klasik atau natural.

Demikian kelebihan dan kekurangan meja dan kursi antik, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan selamat berburu barang antik!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *