Kelebihan dan Harga Kursi Rotan Sintesis

Sekarang bahan rotan menjadi furniture yang menarik perhatian untuk diapresiasi, selain bentuknya unik, klasik Masalah harga kursi dan meja rotan masih terbilang murah. Selain itu perawatan furniture yang terbuat dari rotan sintesis lebih mudah. Lebih jelasnya simak ulasan kelebihan kursi, meja yang terbuat dari rotan.

Rotan adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat berbagai macam benda interior. Bahan rotan merupakan hasil alam dari pohon rotan. Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia yang hutannya terdapat pohon rotan. Namun karena semakin banyaknya kebutuhan membuat persediaan bahan berkurang. Tentu saja ini menjadi masalah bagi produsen dan penggemar perabotan rotan.

Namun untung permasalah tersebut bisa diatasi dengan penggunaan bahan lain yang bisa dijadikan bahan membuat rotan sintesis. Walaupun tidak menggunakan bahan alam, rotan sintesis memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh rotan asli.

Baca Juga : JANGAN SALAH PILIH MODEL KURSI TAMU

Kelebihan Rotan Sintesis

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika kursi di rumah atau di café menggunakan bahan rotan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Rotan sintesis tidak mudah keropos dibandingkan rotan asli. Warnanyapun beraneka ragam, lebih elastis, tahan terhadap jamur dan lumut, tahan terhadap cuaca dan bisa disimpan baik di dalam maupun di luar ruangan. Meskipun lentur, rotan sintesis tetap kuat dan lebih nyaman saat digunakan terutama untuk membuat kursi.
  • Mudah dipindah-pindahkan karena rotan sintesis lebih ringan dibandingkan bahan lainnya.
  • Anyamannya lebih unik karena dipadukan dengan warna dan bahan yang lain.
  • Membantu mengatasi penggunaan bahan alam dan menjaga ekosistem kehidupan di hutan.
  • Walaupun bukan terbuat dari bahan alam, rotan sintesis menghasilkan produk dengan hasil yang terlihat modern dan tetap terlihat seperti rotan asli. Harga kursi dan furniture rotan lebih murah dibandingkan dengan rotan asli.

Kemudian agar Anda mendapatkan kursi dan meja rotan sintesis yang berkualitas pastikan anyamannya tidak mengguankan sambungan. Cara mengetahuinya adalah melihat di bagian bawah. Jika ada sambungan bisanya kurang kuat menahan beban yang berat. Jika ada menggunakan sambungan pilih yang menggunakan kawat bukan alat penjepit biasa.  Kawan tersebut berfungsi menjadi pengait antara sambungan rotan yang satu dengan yang lain.

Ketika Anda hendak membeli kursi rotan sintesis harus hati-hati, karena ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan berbahaya sebagai bahan pembuatan rotan sintesis ini.

Rotan sintesis yang aman adalah yang terbuat dari polyetilene. Meski termasuk bahan kimia, namun kandungan di dalamnya tidak mengandung racun. Sedangkan bahan yang berbahaya adalah rotan yang menggunakan Polyvinyl Chloride atau PVC karena bahan kimianya mengandung zat beracun yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Lalu bagaimana cara membedakan rotan sintesis yang menggunakan polyetilene dengan PVC? Cara membedakannya memang agak sulit karena tampilannya nyaris sama. Salah satu cara membedakannya adalah membandingkan harga kursi. Karena biaya produksinya lebih murah, produk yang menggunakan bahan berbahaya lebih murah. Atau untuk lebih jelasnya bisa tanyakan kepada penjual bahan apa yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *