Kayu Furniture Antik Terbuat Dari Bahan Kayu Jati

Memiliki furniture kayu jati menjadi keinginan sebagian orang. Ada banyak alasan mengapa mereka memilih furniture tersebut, selain terlihat mewah perabotan yang terbuat dari kayu jati terlihat lebih klasik dibandingkan furniture yang terbuat dari bahan lainnya. Kayu furniture yang berkualitas harganya dibandrol lumayan mahal, namun hal tersebut seimbang dengan ketahanannya yang mampu bertahan dalam waktu yang lama hingga berpuluh-puluh tahun.

Banyak sekali jenis furniture yang terbuat dari kayu jati, ada lemari, kursi, meja sudut, meja rias dsb. Ciri khas perabotan kayu jati adalah memiliki ukiran. Setiap jenis ukiran berbeda-beda tergantung dimana furniture tersebut diproduksi. Bahan yang digunakan umumnya kayu jati, namun ada juga yang terbuat dari kayu biasa. Nah, yang menjadi banyak idaman banyak orang adalah yang terbuat dari jati, bahkan menjadi buruan para kolektor apalagi memiliki nilai historis.

Baca juga: TIPS PRAKTIS MEMBERSIHKAN MEJA ANTIK DAN FURNITURE LAINNYA YANG TERBUAT DARI KAYU

Pilihan ke furniture ini karena kayu furniture yang digunakan memiliki kualitas yang terjamin. Terlebih lagi jika terdapat ukiran yang memberikan kesan antik dan klasik. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi mahal tidaknya harga furniture. Selain itu, pengerjaan pada ukirannya lumayan membutuhkan waktu yang lama, ketelitian dan keterampilan.

Memang dari segi harga, furniture yang terbuat dari kayu jati dibandrol lebih mahal dari furniture lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan harga furniture kayu jati harganya mahal.

  • Seperti yang sudah disebutkan harga furniture kayu dipengaruhi juga oleh ukiran yang menjadi ciri khasnya. Semakin rumit ukirannya maka semakin mahal pula harganya.
  • Penggunaan bahan kayu yang berkualitas. Kayu jati memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya yang awet dan tahan lama. Bahkan kayu jati bisa bertahan puluhan hingga ratusan tahun. Oleh karena itu mengapa banyak kolektor barang antik yang memburu furniture kayu jati.
  • Kualitas kayunya yang melalui proses pengerjaan sempurna. Proses pembuatannya sangat berperan menghasilkan produk yang berkualitas. Misalnya: pada proses penghalusan, dibutuhkan proses yang teliti dan matang. Pada proses finishingnya juga harus menggunakan cara manual (menggunakan tangan) agar hasilnya lebih alamiah dan indah.
  • Tingkat kelangkaan barang menjadi faktor yang mempengaruhi harga. Apalagi jenis kayunya sudah lama dan sudah susah didapat, harganya bisa sangat fantastis.

Itulah informasi singkat alasan mengapa kayu furniture yang terbuat dari bahan kayu jati harganya lebih mahal dibandingkan dengan furniture yang menggunakan bahan lain. Selain dijadikan perabotan di rumah, furniture kayu jati banyak dijadikan barang investasi yang semakin lama harganya akan semakin mahal. Semoga artikel ini dapat menambah bermanfaat dan memberikan wawasan, khususnya mengenai dunia furniture antik yang terbuat dari bahan kayu jati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *