Jenis-Jenis Perabotan Rumah Tangga dan Tips Belanja Hemat

Perabotan rumah tangga ada banyak jenisnya. Secara umum perabotan bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu perabotan yang dinamis dan perabotan yang statis. Seperti apakah perabotan yang statis dan dinamis itu? Lebih jelasnya akan kita bahas dalam artikel ini

Perabotan Dinamis

Perabotan yang dinamis adalah perabotan yang bisa atau dengan mudah dapat dipindahkan. Itulah yang membedakannya dengan perabotan yang statis. Ukuran perabotan dinamis lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan perabotan dinamis.

Jenis-jenis perabotan dinamis antara lain adalah perabotan dapur, peralatan pembersih dsb. Perabotan dinamis bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: perabotan konvensional dan elektronik. Perabotan dinamis elektronik adalah: AC, kipas angin, lemari es, televisi, radio, mesin cuci dsb. Sedangkan perabotan dinamis konvensional seperti: alat memasak, alat pembersih dsb.

Perabotan Statis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perabotan statis berbeda dengan perabotan dinamis. Jenis-jenis perabotan statis ukurannya lebih besar dan lebih berat sehingga susah dipindahkan. Contoh perabotan rumah tangga statis adalah: lemari dapur, lemari pakaian, kitchen set, meja belajar dsb.

Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga

Fungsi perabotan rumah tangga adalah membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Setiap barang peralatan rumah tangga memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing. Sekarang sudah banyak pilihan model dan bahan yang ditawarakan dari setiap item peralatan dan harganyapun sangat beragam.

Salah satu solusi untuk mengurangi besarnya pengeluaran adalah dengan cara memilih peralatan yang harganya murah dengan catatan mengutamakan kualitas. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli peralatan rumah tangga, yaitu:

  • Beli peralatan rumah tangga elektronik yang lebih hemat energi.

Membeli barang yang hemat energi memberikan manfaat seperti beban biaya listrik lebih kecil.beberapa jenis perabotan elektronik yang hemat energi adalah: kipas angin, mesin cuci, rice cooker, kulkas dsb. Pilih jenis yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: HARGA PERABOTAN RUMAH TANGGA TERKINI, DESEMBER 2016

  • Beli peralatan sesuai dengan fungsinya

Ada banyak jenis perabotan yang desainnya menarik dan menggoda untuk dibeli. Namun apa artinya model yang bagus apabila fungsinya tidak berjalan dengan maksimal.

  • Biaya perawatan yang murah

Beberapa jenis perabotan membutuhkan biaya perawatan yang tidak murah, tentu saja hal tersebut bisa membuat kantong Anda terkuras. Jadi sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dulu cara dan biaya perawatannya.

  • Ukuran perabotan yang pas

Sebaiknya hindari membeli perabotan yang ukurannya besar karena malah memakan banyak tempat. Apalagi jika perabotan yang besar tersebut fungsinya tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika Anda hanya tinggal sendiri pilih tempat tidur yang ukurannya sedang.

Itulah jenis-jenis perabotan rumah tangga dan tips memilih perabotan yang hemat budget. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *