Jenis-Jenis Meja Kayu Beserta Penjelasannya

Ada banyak desain dan model meja kayu yang sudah bisa Anda dapatkan di pasaran. Dengan varian tersebut memudahkan Anda memilih meja sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan letak dan fungsinya meja dapat dibedakan menjadi empat kategori yaitu: end table, console table, coffee table, dining table dan working table.

Coffee Table

Seperti namanya, jenis meja kayu ini cocok digunakan untuk acara santai sambil menikmati secangkir kopi. Biasanya meja ini diletakkan di ruang duduk seperti di ruang tamu, ruang keluarga atau di teras rumah. Meja ini bisa dipadukan dengan beberapa kursi santai. Tidak jarang juga ada yang menggunakan meja ini untuk menerima tamu yang berkunjung.

End Table

Meja jenis end table biasanya berfungsi sebagai penghias atau menambah aksesn saja. Penggunaan meja ini tidak diwajibkan atau masuk dalam kategori optional tergantung selera dan kebutuhan masing-masing orang. Meja ini terbagi menjadi dua jenis yaitu: meja sudut dan meja nacas.

  • Meja sudut fungsinya untuk pemanis interior rumah, biasanya digunakan untuk meletakkan vas bunga, pigura foto. Selain itu meja sudut biasanya digunakan untuk menambah kekosongan ruangan.
  • Sedangkan meja nacas biasanya disimpan di ruang tidur di sisi kanan dan kiri tempat tidur. Biasanya digunakan untuk menyimpan kaca mata, buku, lampu tidur, pigura foto dsb. Ukurannya beragam, mulai dari 45cmx45cmx50cm sampai ukuran 60cmx60cmx60cm.

Console Table

Salah satu perabotan yang digunakan untuk melengkapi kesempurnaan sebuah ruangan adalah meja konsol atau console table. Sama halnya dengan end table, meja konsol sifatnya optional, artinya tidak menjadi suatu keharusan.

Namun kehadirannya menjadi benda yang fungsional, karena meja ini sudah dilengkapi berbagai tempat untuk meletakkan benda-benda sehingga terorganisir dengan baik. Ukuran meja ini tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak tempat walaupun disimpan di tempat yang sempit sekalipun.

Fungsi meja ini tidak hanya menjadi pemanis ruangan saja namun bisa menjadi tempat penyimpanan barang yang praktis.  Meja ini bisa diletakkan di ruangan manapun, bisa di ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga hingga di dapur.

Dining Table

Meja ini merupakan jenis meja yang di desain khusus untuk aktivitas makan atau lebih dikenal dengan sebutan meja makan. Meja ini biasanya diletakkan di ruang makan dan dijadikan tempat berkumpul sesame anggota keluarga.

Penataan meja makan yang menawan bisa memberikan kesan yang rapi, bersih dan cantik. Caranya bisa dengan menambahkan aksesoris dekoratif sebagai aksen. Namun jangan menyimpan benda terlalu banyak karena bisa membuat meja terlihat sesak.

Working Table

Seperti namanya, meja kayu ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan kerja. Meja kerja dapat di tata sedemikian rupa sesuai dengan kepribadian. Biasanya sudah dilengkapi dengan laci yang letakknya di bagian bawah alas meja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *