Jenis-Jenis Kayu Furniture

Bahan furniture yang banyak digunakan dan paling disukai masyarakat adalah kayu. Bahan kayu memiliki kelebihan lebih awet dan tahan lama, cara perawatannyapun tidak begitu susah. Kayu furniture lebih tahan lama karena memiliki tingkat kekerasan yang baik. Namun walaupun demikian, kayu mudah untuk dipotong, diukir, diampelas dsb.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar jenis-jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kayu Jati

Sudah bukan rahasia lagi, kayu jati merupakan favorit dalam dunia furniture. Tidak hanya di Indonesia, kayu jati menjadi idola sampai ke seluruh dunia. Selain dikenal kuat, awet,  kayu jati mampu memberikan aksen yang mewah dan elegant. Sekarang furniture kayu jati banyak dicari oleh kolektor benda antik, terutama yang memiliki nilai sejarah dan estetika yang tinggi.

Kayu Mahoni

Jenis kayu berikutnya yang sering dijadikan bahan membuat furniture adalah kayu mahoni. Kayu ini kualitasnya cukup baik, harganyapun lebih murah dibandingkan dengan kayu jati. Selain mampu menjaga kualitas furniture yang dibuat, menggunakan kayu mahoni bisa lebih menghemat biaya produksi.

Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling memiliki keunikannya sendiri, warnanya gelap alami tanpa pewarna buatan.Selain itu furniture yang terbuat dari kayu ini lebih awet dan tahan lama. Selain itu dapat memberikan kesan elegant. Dari segi serat dan tekstur, kayu sonokeling mirip dengan kayu jati.

Kayu Akasia

Jika dilihat sekilas kayu akasia hampir mirip dengan kayu jati. Itu sebabnya kayu ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan furniture. Bobotnya cukup berat dan kuat sehingga furniture yang terbuat dari kayu ini mampu bertahan lama/ awet.

Kayu Trembesi

Sekarang ini kayu furniture dari bahan trembesi cukup tinggi permintaannya. Permintaan tidak hanya di Indonesia saja namun juga dari luar negeri. Ukuran kayu ini besar-besar itu sebabnya sebagian besar furniture yang menggunakan kayu ini lebih menonjolkan ketebalan kayunya.

Kayu Kamper

Kayu kamper biasanya digunakan untuk kusen dan pintu dibandingkan untuk membuat ffurniture.

Kayu Lapis

Kayu lapis merupakan kayu hasil olahan tripleks atau multipleks. Kayu ini dibentuk dari beberapa lembar kayu yang dilekatkan dengan tekanan yang kuat/ tinggi. Tebalnya bervariasi, mulai dari 3mm sampai 18mm. Memiliki luas 244x122cm. Tebal tidaknya kayu laois menentukan kekuatannya. Kayu ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan lemari, meja, kitchen set dan tempat tidur.

Selain kayu lapis masih banyak kayu olahan lainnya yang digunakan untuk bahan pembuatan furniture, seperti blockboard, kayu medium density fiberebroad (MDF), particle board.

Sekarang ini persediaan kayu furniture semakin terbatas dan langka.Itu sebabnya muncul kayu olahan yang dibuat dari limbah kayu. Baik kayu asli maupun olahanbanyak digunakan di sekor rumah tangga. Furniture yang terbuat dari kayu asli harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga kayu olahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *