Jenis-Jenis Furniture Antik dan Cara Perawatannya Agar Tetap Terlihat Klasik dan Awet

Saat ini banyak orang yang mencari furniture antik untuk rumah. Bahkan tidak sedikit penggemar mebel antik yang mengaplikasikan mebel kuno untuk rumah mereka. Keistimewaan mebel antik adalah keindahan, memiliki nilai historis dan bisa dijadikan investasi karena semakin lama usianya maka semakin tinggi harga jualnya.

Ada banyak jenis mebel antik yang dicari banyak pemilik rumah maupun para kolektor, seperti: meja, kursi dan lemari. Mendapatkan mebel kuno sekarang ini sangat susah karena termasuk barang langka. Kalaupun ada harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan mebel-mebel yang diproduksi baru.

Namun untuk sebagian orang mendapatkan barang antik adalah suatu kepuasan yang tidak terhingga, yang tidak bisa dinilai dengan uang. Itu sebabnya ada juga orang yang tidak mempermasalahkan harganya karena ketika memilikinya menjadi sebuah kebanggaan tersenditi.

Memilih furniture antik bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pemahaman dan pengetahuan. Hal ini dibutuhkan agar tidak tertipu oleh pihak yang pihak yang tidak jujur. Sebab tidak sedikit beredar barang kuno palsu yang bentuknya mirip dengan barang antik. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis mebel antik, dengan harapan dapat membantu Anda memahami lebih banyak mengenai barang-barang antik khususnya jenis barang antik mebel.

Baca Juga : JANGAN SALAH PILIH MODEL KURSI TAMU

Jenis-Jenis Mebel Antik

Secara umum mebel dibagi dua yaitu mebel antik kuno dan mebel antik hasil reproduksi.

Barang-barang yang masuk ke dalam jenis mebel antik kuno adalah mebel peninggalan zaman dulu. Ciri-cirinya biasanay bentuk dan desainnya tersendiri (tergantung asal dan tahun pembuatannya) sebagian besar mebel/ furniture antik kuno di Indonesia dipengaruhi oleh budaya Cina, Arab dan Belanda. Ciri lainnya biasanya terdapat bekas karatan. Harga mebel antik kuno bisa puluhan juta bahkan ratusan juta.

Sedangkan mebel reproduksi atau yang mengulang/ meniru mebel antik biasanya terdapat bekas paku tidak berkarat. Bahan kayu yang digunakan kualitasnya tidak seistimewa yang digunakan mebel antik kuno.

Merawat Mebel Antik yang Benar

Poin yang penting dalam pembahasan barang-barang kuno adalah bagaimana cara perawatan yang benar. Merawat mebel kuno pada dasarnya sama dengan membersihkan mebel kayu, yaitu menggunakan cairan khusus pembersih kayu yang kualitasnya aman. Selain itu bisa menggunakan lap/ kain.

Hanya saja membersihkan mebel antik harus ekstra hati-hati, jangan sampai ada bagian yang rusak. Selain itu penempatan mebel antik harus benar, tidak boleh ditempatkan di tempat yang terlalu banyak terkena sinar matahari langsung dan tidak boleh disimpan di tempat yang lembab.

Untuk membersihkan atau membuat mebel tua lebih mengkilap, sebaiknya menggunakan pembersih dari bahan alami. Bahan alami terbukti menjaga kerak atau platina yang terdapat pada permukaan mebel. Platina adalah ciri khas yang ada pada mebel, bahkan menjadi bagian yang sengaja ditonjolkan karena menjadi penanda seberapa tua usia furniture antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *