Jenis-Jenis dan Tips Hemat Membeli Furniture Rumah Tangga

Perabotan atau furniture rumah tangga beraneka ragam jenisnya, secara umum perabotan rumah tangga bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu perabotan yang statis dan yang fungsinya lebih dinamis.

Jenis-Jenis Furniture/ Perabotan Rumah Tangga

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, perabotan rumah tangga dibagi menjadi dua yaitu perabotan dinamis dan statis. Yang dimaksud dengan perabotan dinamis adalah jenis perabotan yang mudah dipindahkan. Berbeda dengan perabotan statis yang sulit dipindahkan karena ukurannya yang besar dan berat.

Perabotan yang masuk ke jenis statis adalah meja belajar, lemari pakaian yang terbuat dari kayu tiruan, lemari dapur atau Kitchen set, meja atau kursi. Ada juga model perabotan statis yang menggunakan system kock down yaitu system bongkar dan pasang.

Sedangkan yang masuk ke jenis perabotan dinamis adalah perabotan dapur atau alat-alat pembersih. Perabotan jenis dinamis bisa dibedakan menjadi dua yaitu alat-alat elektornik dan alat-alat konvensional.

Perabotan yang masuk ke dalam jenis alat elektronik adalah: AC atau Air Conditioner, vacuum cleaner, lemari es, mesin cuci, televise dan lain sebagainya. Sedangkan barang-barang yang masuk ke jenis perabotan dinamis konvensional seperti: perlengkapan makan, alat memasak, peralatan kebersihan seperti sapu, kemoceng dan lain sebagainya.

Tips Membeli Furniture/ Perabotan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga sangat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, setiap item perabotan memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing. Ada banyak model dan fitur yang ditawarkan dari setiap item perabotan, harganyapun beragam.

Solusi untuk menekan pengeluaran keluarga adalah dengan memilih furniture yang harganya murah dengan catatan tetap mengutamakan kualitas. Jadi cari harga furniture murah yang berkualitas. Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda ikuti sebelum memutuskan membeli furniture rumah tangga, yaitu:

  • Beli perabotan elektronik yang hemat energi

Perabotan yang hemat energi sama dengan hemat biaya listrik. Beberapa perabotan yang memiliki fitur hemat energy adalah AC, mesin cuci dan kulkas. Polih sesuai kebutuhan dan fitur yang lebih memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

  • Beli sesuai fungsi

Ada banyak perabotan yang didesain bagus namun fungsinya tidak berjalan dengan baik. Untuk menghemat biaya sebaiknya Anda mendahulukan fungsi dibandingkan keindahan bentuk/ modelnya.

  • Perawatan yang murah

Beberapa barang perabotan membutuhkan biaya perawatan yang lumayan dapat menguras kantong. Untuk itu sebelum membeli ketahui terlebih dahulu seperti apa perawatannya.

  • Beli Perabotan yang ukurannya pas dengan kebutuhan

Sebaiknya hindari membeli perabotan yang ukurannya besar karena bisa memakan banyak tempat, apalagi jika ternyata barang yang Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda membeli kulkas dua pintu yang ukurannya besar padahal Anda hanya tinggal sendiri atau berdua.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis dan tips bagaimana membeli furniture rumah tangga agar hemat budget. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *