Jangan Sembarangan Merawat Meja Antik Bila Tak Ingin Terjadi Hal Ini!

Meja adalah salah satu perabotan rumah yang selalu digunakan. Jika dilihat dari fungsinya, ada banyak macam meja diantaranya meja makan, meja belajar dan lain-lain. Sementara bila dilihat dari perkembangan jamannya, meja juga terbagi menjadi beberapa tipe. Beberapa tipe diantaranya meja antik dan meja minimalis. Bagi masyarakat yang tinggal di hunian elit biasanya tipe meja yang digunakan ialah meja minimalis. Namun ada juga yang masih memanfaatkan meja dengan desain klasik.

Menggunakan meja klasik tentu sah-sah saja. Tapi berhati-hatilah saat melakukan perawatan sebab bila Anda sembarangan dalam merawat meja tersebut justru akan mudah rusak. Selain mudah rusak, berikut ada 3 akibat salah merawat perabotan antik berupa meja.

  1. Terdapat bekas perawatan yang masih tertinggal di meja. Cara perawatan meja menggunakan jenis bahan kimia tertentu malah akan meninggalkan bekas cairan kimia pada meja yang dibersihkan.
  2. Cat meja akan mudah terkelupas. Membersihkan noda di meja dengan cara yang salah juga akan membuat cat terkelupas.
  3. Terdapat goresan pada meja. Goresan ini disebabkan oleh beberapa pola atau urutan perawatan yang tidak benar.

Itulah beberapa hal yang terjadi bila Anda salah dalam memberikan perawatan pada meja. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi pada meja yang ada di rumah Anda sebaiknya mulai saat ini menerapkan cara yang benar. Selain dengan menggunakan cara-cara perawatan yang benar, Anda juga bisa menambahkan tips khusus saat membersihkan meja klasik.

Baca Juga: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEJA DAN KURSI ANTIK

Dibawah ini ada beberapa tips khusus merawat meja antik yang dapat anda gunakan. Berikut tips dan penjelasannya:

  1. Bila noda yang ada di meja berupa bekas telapak tangan, cara membersihkannya ialah dengan menaburkan tepung maizena. Setelah itu meja digosok secara perlahan-lahan menggunakan lap bersih.
  2. Bila noda berasal dari tinta, gunakan kombinasi cuka dan air ketika membersihkannya. Perbandingan cuka dan air yang pas ialah 2:1.
  3. Jauhkan dari cahaya matahari. Sinar matahari yang terus menerus mengenai meja dapat membuat warna meja memudar.

Tips khusus di atas bisa diaplikasikan untuk perabotan antik dengan jenis bahan dasar kayu jati. Akan tetapi bila meja tidak terbuat dari kayu jati, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara alternatif lainnya. Beberapa cara alternatif merawat meja dengan berbahan dasar selain kayu dapat anda baca di bawah ini. Berikut cara alternatifnya:

  • Meja klasik yang terbuat dari kaca dibersihkan menggunakan bedak talk. Cara ini bisa diterapkan bila meja terkena tumpahan kecap atau sayuran yang lengket.
  • Meja marmer yang terkena noda dapat dibersihkan dengan baking powder serta lap basah. Bisa juga memanfaatkan jeruk nipis yang ditambahkan sedikit garam.

Selain cara alternatif, perawatan lain yang tidak boleh dilupakan ialah mengelap setiap bagian meja meski tidak sedang dalam keadaan kotor berat. Artinya dalam merawat meja, Anda tidak harus menunggu meja dipenuhi dengan kotoran terlebih dahulu baru dibersihkan. Justru saat meja terkena sedikit noda hal pertama yang dilakukan ialah membersihkannya agar noda tidak semakin menumpuk.

Demikianlah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang terjadi pada meja antik apabila salah perawatan. Agar meja yang dimiliki bisa awet dan tetap terlihat antik sebaiknya perawatan yang benar tersebut dilakukan secara berkala dan teratur. Tak perduli berapapun harga dari meja istimewa yang Anda miliki bila perawatan yang dilakukan tidak benar, harganya pasti akan turun.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *