Jadikan Kayu Furniture Selalu Mengkilap dengan 4 Cara Ini!

Menjadikan kayu furniture sebagai salah satu solusi untuk mempercantik ruangan memang merupakan pilihan yang tepat. Kayu sendiri di tangan pengrajin bisa disulap menjadi berbagai furniture yang punya sentuhan indah sekaligus bernilai ekonomi tinggi. Material kayu banyak dipilih karena memberikan kesan elegan, klasik, dan tentunya mudah untuk dibentuk. Membuat batangan kayu supaya punya bentuk kursi, dipan, dan lain sebagainya tentu lebih mudah karena bisa dilakukan oleh pengrajin langsung tanpa memakai mesin khusus.

Cara Menjaga Kilap Pada Furniture Kayu

Sayangnya, banyak pemilik furniture dari material kayu merasa kebingungan mendapati kondisinya yang semakin lama semakin buruk. Mulai dari terlihat semakin kusam, termakan rayap, dan lain sebagainya, mempertahankan kilap pada furniture kayu bisa dengan beberapa cara berikut ini:

  • Pilih ruangan yang kering,

Kelembaban bisa merusak material kayu sehingga furniture dari material ini baiknya ditempatkan di ruang yang kering. Jauhkan dari lokasi yang berdekatan dengan kamar mandi, jika terpaksa maka beri jarak dengan tembok supaya tidak menjadi lembab dan lapuk. Kondisi ruangan yang kering akan membuat material kayu kuat lebih lama.

  • Bersihkan debu pada furniture secara rutin,

Tumpukan debu yang terdapat pada permukaan kayu furniture bisa mengurangi kilap yang berasal dari pernis dan kayu itu sendiri. Maka pemilik perabotan yang menggunakan material kayu wajib sekali memperhatikan kebersihannya. Bila memungkinkan lap debu setiap hari, jika terlalu sibuk dan banyak pekerjaan lainnya paling tidak dibersihkan sekali dalam seminggu. Jangan lupa gunakan kain yang lembut sebagai lap kalau terlalu kasar malah akan memberikan noda goresan yang mengganggu.

  • Gunakan cairan perawat meubel,

Cara terbaik untuk mempertahankan kilap pada material kayu adalah mengaplikasikan cairan wax atau katakanlah cairan khusus perawat meubel. Cairan ini terbuat dari bahan khusus yang sifatnya melindungi sekaligus membersihkan material kayu tadi. Aplikasikan usai membersihkan debu dengan lap kering, gunakan lap lembut dan bersih untuk meratakan cairan perawat meubel ini ke seluruh permukaan perabot. Jika dilakukan secara rutin maka dijamin furniture dari kayu yang dimiliki akan selalu nampak baru, dan cairan perawat ini bisa dibeli di toko bahan bangunan.

  • Baiknya tidak terkena sinar matahari langsung,

Furniture yang terbuat dari kayu akan mudah kusam ketika sering terpapar dengan sinar matahari, sebab efeknya memang membakar permukaan kayu. Lapisan pernis yang melindungi perabot kayu akan mudah rusak dan mengelupas sehingga warnanya menjadi kusam. Alangkah baiknya jauhkan furniture ini dari paparan sinar matahari langsung, pilih sudut ruangan yang tidak berdekatan dengan pintu maupun jendela. Jikalau diletakan di luar ruangan pastikan terlindung oleh pepohonan, sehingga kayu furniture tetap mengkilap dan menjadikannya selalu baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *