Inilah Jenis Bahan Furniture Kayu yang Banyak Dipakai di Indonesia

Furniture tentu menjadi sebuah bagian penting yang wajib ada di rumah atau dimanapun juga sehingga fungsinya pun bisa berjalan sebagaimana mestinya. Untuk furniture sendiri kini sudah banyak sekali berkembang. Yang paling kentara perkembangannya selain dari bentuk adalah dari bahan pembuatannya. Indonesia sendiri sangat kaya dengan beragam jenis kayu sehingga tak heran apabila furniture kayu sangat digandrungi meski sudah ada material pembuatan furniture lainnya.

Inilah Jenis Bahan Furniture Kayu yang Banyak Dipakai di Indonesia

Sebetulnya semua jenis kayu dapat dibuat menjadi bahan baku sebuah furniture. Meski demikian ada syarat kayu yang harus dipenuhi yakni kayunya memiliki tingkat keras yang baik. Alasannya tentu saja kayu dengan tingkat keras yang baik akan bisa diproses dengan mudah baik dipotong, diukir, di amplas hingga proses lainnya. Intinya, apapun untuk jenis kayunya, maka tingkat kerasnya haruslah cukup sehingga dapat dipakai untuk pembuatan beragam jenis furniture kebutuhan Anda.

Meski banyak juga kayu yang keras saat ini, ternyata hanya ada beberapa kayu saja yang kerapkali dipakai sebagai bahan baku pembuatan kursi, lemari, pintu dan lainnya. Berikut ini beberapa jenis kayu yang kerap dipakai untuk membuat furniture kayu:

  • Kayu jati

Tentu Anda sudah tidak asing dengan kayu jati. Ya, kayu yang satu ini memang bisa dibilang sebagai jawara untuk pembuatan furniture. Peminat furniture dengan bahan kayu jati memang amat sangat banyak sekali. Tak hanya dalam negeri saja, namun orang luar pun begitu mengapresiasi furniture dari bahan kayu jati ini. Selain terkenal karena kekuatan dan juga ketahanannya, furniture dengan bahan kayu jati juga memberikan kesan elegan dan mewah. Harga furniture dari kayu jati sendiri memang cukup tinggi.

  • Kayu mahoni

Selain kayu jati, ada juga jenis kayu mahoni yang sangat banyak dimanfaatkan untuk bisa membuat furniture. Kayu yang satu ini dipilih mengingat kualitasnya cukup baik dengan harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan harga kayu jati. Selain kualitasnya terjaga, furniture dengan kayu mahoni juga mampu hemat biasa produksi.

  • Kayu sonokeling

Pernahkah Anda mendengar nama dari kayu ini? Kayu yang satu ini punya keunikannya sendiri. Warnanya gelap namun alami tanpa harus memberikan pewarna. Selain daripada itu, furniture dari kayu sonokeling juga sudah dikenal tahan lama dan bentuknya elegan. Serat kayunya indah sehingga bisa memberikan kesan dekoratif alami yang amat bagus.

BACA JUGA: TIPS MEMILIH DAN MERAWAT FURNITURE KAYU DENGAN BENAR DAN TEPAT

Itulah beberapa kayu yang banyak dipakai untuk bahan pembuatan furniture. Sebetulnya ada masih banyak lagi jenis kayunya, namun memang yang paling sering dan mudah ditemukan adalah ketiga kayu tersebut. Meski era sudah modern, namun furniture kayu memang memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *