Inilah Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Jamur Lemari Kayu

Lemari merupakan tempat penyimpanan pakaian dan juga barang lainnya. Ada berbagai bahan dari lemari namun yang paling banyak digunakan adalah lemari kayu. Lemari ini dapat didesain mewah dan juga minimalis sesuai dengan kebutuhan saat ini. Lemari ini perlu dipilih sesuai dengan tingkat keawetannya dengan memahami beberapa hal dan pertumbuhan jamur dalam lemari perlu dicegah supaya pakaian tidak kotor dan berjamur.

 Inilah Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Jamur Lemari Kayu

Berikut adalah beberapa tips memilih lemari pakaian tahan lama diantaranya:

 

  • Cek material lemari, pilih lemari yang terbuat dari bahan kayu, kayu tersebut seperti kayu solid yaitu kayu jati, sungkai atau mahoni. Bisa juga menggunakan lemari dari plywood atau kayu lapis yang di press dengan tekanan tinggi merupakan kualitas yang terkenal awet.
  • Ketahui cara perawatannya, jika bahan kayu maka tidak perlu khawatir terhadap rayap karena jenis kayu ini anti rayap, untuk lemari dengan bahan plywood usahakan tidak terkena air, bara api atau bahan kimia dan zat asam dan gunakan kain lap lembab atau menggunakan kain microfiber, letakkan kapur barus supaya tidak pengap.
  • Pilih lemari dengan desain minimalis, desain minimalis terkenal timeless sehingga tidak perlu takut ketinggalan tren dan tampilan terlihat modis, keunggulannya adalah memberikan efek ruangan yang terlalu luas dan kayu sudah mendapat label SVLK dari program Indonesian Legal Wood.

 

Selain itu juga, lemari kayu lebih terlihat sederhana dan juga elegan, menyatu dengan ruangan kamar. Lemari ini juga banyak didesain minimalis sehingga tidak akan membutuhkan banyak ruangan. Desain kemari tersebut sudah menggunakan pintu geser atau tanpa pintu supaya kamar terlihat luas. Jenis lemari ini sudah banyak digunakan baik itu rumah minimalis dan juga rumah mewah sekalipun.

 

Berikut adalah cara mencegah jamur masuk lemari diantaranya:

 

  • Bukalah jendela kamar, supaya sirkulasi udara dalam kamar tetap terjaga dan menghentikan pertumbuhan jamur dan jangan biarkan kamar pengap.
  • Gunakanlah alkohol, dengan kadar alkohol 70% hingga 80% untuk membersihkan jamur dan membersihkan debu atau partikel-partikel kotoran.
  • Gunakan alas kayu, lantai kamar bersifat lembab dan memicu pertumbuhan jamur semakin cepat dan pemberian alas ini menghambat kelembapan dari lantai menjalar ke lemari dapat dicegah.
  • Gunakan cairan pelapis, menggunakan pernis untuk melapisi kayu pada lemari dan catat dapat mencegah pertumbuhan jamur dan memperindah lemari.

 

Selain itu, gunakan juga bahan penyerap lembab untuk mencegah pertumbuhan jamur dengan meletakkan bahan penyerap lembab di setiap sudut dalam lemari. Lemari kayu juga membutuhkan cahaya tambahan dengan bantuan lampu TL untuk malam hari dan matahari saat siang hari. Letakkan juga lemari berdekatan dengan jendela untuk tindakan pencegahan jamur tumbuh dalam lemari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *