Inilah Beragam Pilihan Material Dasar yang Banyak Digunakan untuk Kitchen Set

Kitchen set merupakan peralatan dapur yang biasanya digunakan untuk dapur minimalis dan modern. Dimana ada beberapa keunggulan apabila mempunyai dapur dengan model tersebut seperti dapat untuk menemukan barang lebih mudah dan juga menyimpan lebih banyak barang karena mempunyai laci, bisa terlihat lebih rapi, dan juga berbagai keunggulan lainnya. Ketika akan membuat peralatan tersebut biasanya pertimbangan yang bisa digunakan adalah dengan memilih material dasar yang akan digunakan. Seperti misalnya pilihan material dasar bahan yang digunakan adalah:

Inilah Beragam Pilihan Material Dasar yang Banyak Digunakan untuk Kitchen Set

  • Kayu solid

Jenis material dasar pertama yang bisa digunakan adalah kayu solid atau kayu utuh. Jenis alat ini mempunyai bahan yang terkenal sangat kukuh apabila digunakan dibandingkan dengan kayu olahan. Sehingga karena kualitasnya yang biak tersebut membuat harga dari material ini juga lebih mahal. Biasanya jenis kayu yang digunakan adalah kayu jati yang memang terkenal sebagai bahan furniture dengan harga mahal dan kualitas bagus. Kayu jati ini mempunyai urat kayu yang cantik sehingga akan lebih tahan cuaca dan anti rayap. Oleh karena itulah bagi yang suka dengan material berkualitas bisa untuk memilih bahan ini yang tentu saja harus mengeluarkan budget lebih besar.

  • Layered

Jenis material dasar selanjutnya yang bisa dipilih untuk kitchen set adalah layered atau berbagai jenis kayu lapis seperti plywood, multiplex, triplex, dan lainnya. Jenis kayu ini adalah hasil press yang sudah jadi sehingga tidak kayu solid tetapi menjadi bentuk lembaran-lembaran. Ketika akan memilih bahan ini pilihlah ketebalan yang diinginkan karena ada banyak jenis ketebalan kayu yang ada di pasaran. Untuk harganya sendiri tentu saja akan lebih murah dan terjangkau dari kayu solid dan lebih mudah untuk membentuknya karena sudah menjadi lembaran kayu. Selain lebih murah keunggulan lainnya dari kayu ini adalah mempunyai ketahanan air yang bagus atau anti air dan juga mempunyai berbagai pilihan warna.

  • Teak block

Jenis material dasar selanjutnya yang dapat dipilih adalah teak block yang mempunyai luaran kayu jati akan tetapi di bagian dalamnya mempunyai bahan kayu yang lunak. Jenis ini sendiri merupakan bahan material yang paling sering digunakan untuk mebel di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, keunggulan lainnya dari jenis ini adalah lebih mudah ditemukan di pasaran.

BACA JUGA: KISARAN HARGA KITCHEN SET DAN BENDA PENDUKUNG LAINNYA

  • Partikel board

Dan pilihan material dasar terakhir dari bahan pembuat kitchen set yang dapat dipilih adalah partikel board. Particle board ini merupakan papan kayu yang terbuat dari sisa kayu yang dipress dan juga direkatkan. Sehingga akan mempunyai bentuk mirip dengan MDF tetapi mempunyai bahan yang lebih kasar. Jenis ini banyak digunakan karena mempunyai harga murah dibandingkan bahan kayu lainnya. Akan tetapi mempunyai kekurangan seperti tidak tahan air dan juga lebih rapuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *