Inilah 5 Tips Merawat Kasur Busa Agar Awet dan Tahan Lama

Kenyamanan yang ditawarkan produk kasur busa membuat peminatnya semakin tinggi. Meskipun demikian, yang mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkannya dengan baik tidak sebanyak pemakainya. Padahal selain awet, merawatnya dengan benar bisa membuatnya bersih dari kuman yang terbawa udara. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimak 5 tips ampuh merawatnya berikut ini.

Inilah 5 Tips Merawat Kasur Busa Agar Awet dan Tahan Lama

  • Sesuaikan ukuran busa dengan box spring atau dipan

Usahakan tidak terjadi kontak langsung antara kasur dengan lantai.  Karena hal tersebut bisa menyebabkan jamuran. Jadi, pastikan untuk menggunakan box spring atau dipan sebagai penyangga. Agar lebih awet pilihlah penyangga dengan bahan yang kuat. Ketika Anda memasangnya ke ranjang, pastikan posisinya berada pada sudut-sudut yang tepat dan tidak miring untuk menghindari kerusakan. Untuk itu, Posisi terbaik ialah yang antara ranjang dan ukuran busanya sesuai.

Jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan pada kondisi ranjang setiap tahun. Pastikan tidak ada penyangga yang jatuh atau rusak. Karena hal tersebut mempengaruhi bentuknya. Anda bisa melengkapi perlindungan sejak pertama membelinya dengan menambahkan matras protector. Umumnya matras berkualitas tinggi dilengkapi perlindungan anti air serta mampu meminimalisir debu dan remahan-remahan.

  • Lapisi dengan Sprei yang Dicuci Secara Rutin

Anda bisa menghindari kontak langsung kulit pada kasur serta melindunginya dari debu dengan menutupnya menggunakan sprei. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci sprei tersebut secara rutin.

Seringnya frekuensi mencuci sprei berguna untuk menjaga kualitas dan kebersihannya bahkan juga bisa menghindari perkembangan mikroorganisme pada sprei dan kasur busa. Oleh karena itu, minimal cucilah sprei seminggu sekali dengan air panas bersuhu paling tidak 60º C. Mikroorganisme bisa Anda usir melalui penggunaan air hangat tersebut. Selain sprei, Anda juga harus mencuci mattress protector sesuai aturan produk masing-masing.

  • Lindungi Bentuk Kasur dengan Memutarnya Secara Berkala

Anda perlu memutar atau merotasi kasur 180 derajat agar bagian yang terkena beban dalam waktu lama tidak hanya pada bagian itu-itu saja. Dalam enam bulan Anda bisa melakukan rotasi sebanyak dua kali. Caranya dengan putar atau balik bagian bawahnya menjadi bagian yang atas. Lalu putar pula bagian kirinya dengan bagian yang kanan dan seterusnya. Hal tersebut akan meratakan beban pada busa sehingga bentuknya tetap terjaga. Dalam sehari-hari, sebaiknya jangan meletakkan benda berat di atasnya terlebih untuk jangka waktu yang lama. Karena hal tersebut dapat mempercepat kempesnya busa.  

  • Gunakan Vacuum Cleaner Untuk Menyedot Debu Di dalamnya Secara Rutin

Penggunaan vacuum cleaner untuk menyedot debu bisa membuat kasur busa menjadi bersih dan lebih fresh. Sebelumnya, bersihkan bagian atas kasur dari bed cover, sprei, dan bantal agar Anda bisa membersihkannya secara merata. Selain menghilangkan debu, Rutinitas ini bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dari busa bahkan mampu menyedot kutu busuk di dalamnya.

  • Jemur Secara Berkala

Meskipun banyak yang percaya bahwa menjemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung efektif membunuh kuman, ternyata kebiasaan tersebut justru bisa membuatnya cepat mengempis, rusaknya pori-pori sehingga tekstur busanya kering dan mengeras. Cukup angin-anginkan diluar ruangan jika Anda merasakan basah atau lembab pada busanya. Minimal lakukan selama kurang lebih 4-5 jam dan setiap dua jam sekali bolak-baliklah bagiannya.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *