Inilah 5 Pilihan Jenis Kulit Sofa sebagai Lapisan Dudukan Anda

Kini berbagai pilihan jenis Bahan pelapis sofa dan dudukan kursi tersedia di pasaran, mulai dari jenis kain hingga bahan kulit. Pada dasarnya pengolahan pelapis sofa dan pelapis kulit berasal dari bahan kulit asli hewan. Namun, sekarang telah beralih pada bahan kulit sintesis, mengingat harga kulit asli mahal dan banyak jenis hewan yang dilindungi. Jika Anda akan membeli sofa atau kursi, simak 5 pilihan jenis kulit sofa sebagai lapisan segala dudukan Anda berikut.

Inilah 5 Pilihan Jenis Kulit Sofa sebagai Lapisan Dudukan Anda

  • Kulit Asli

Kulit asli yang dimaksud ialah yang berasal dari kulit punggung sapi. Material tersebut akan menumbuhkan kesan mewah pada sofa. Tekstur Kulit asli sendiri lembut dan agak kesat. Harga yang ditawarkan memang relatif tinggi mengingat material dasarnya memang langka terlebih proses pengolahannya juga lebih rumit. Namun, karena permukaannya tidak mempunyai banyak kerutan, perawatannya cukup mudah dan bahan ini tahan lama.

  • Kulit Olahan

Terdapat perbedaan proses pengolahan bahkan ada perlakuan khusus tertentu antara kulit hewan asli dengan Kulit hewan yang telah diolah menjadi berbagai jenis kulit. Berbagai jenis kulit yang dihasilkan Pengolahan tersebut meliputi kulit full Aniline, semi Aniline, Nappa, Suede, Nubuck, dan Full Grain.

  • Suede

Bagian dalam kulit hewan yang disamak merupakan bahan dasar dari jenis kulit Suede. Selain halus dan lembut, tekstur suede terasa sedikit berbulu. Kelembutan tersebut rentan mengalami kerusakan. Selain itu, jenis kulit ini memang membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari kotoran. Material yang berasal dari kulit hewan alami dan proses pengolahan yang tidak mudah membuat jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi. Tetapi, kini Anda sudah bisa menemukan Suede dengan material sintetis dari polyester dan lainnya tanpa mengurangi tekstur aslinya.

  • Oscar / Polyurethane (PU)

Jenis kulit ini merupakan kulit imitasi. Pengolahan bahan sintesis seperti plastik dan karet, atau PU (polyurethane), menyerupai tekstur dan kontur kulit sungguhan. Meskipun teksturnya berbulir, namun tetap seperti kulit sungguhan yang lembut dan kesat. Perkembangan teknologi mampu membuat olahan komposisi bahan kulit imitasi seperti Oscar mirip dengan kulit asli. Namun, agar tidak mudah terlipat dan retak sebaiknya jenis ini juga diberi perhatian ekstra dalam pemakaiannya. Harganya sendiri cenderung lebih terjangkau dibanding kulit asli.

  • PVC

Inilah bahan dasar dalam membuat kulit imitasi. Berdasarkan ketebalan dan ketahanan materialnya, Jenis kulit ini dibagi menjadi soft PVC dan hard PVC. Jika dibandingkan dengan jenis Oscar, tekstur bahan ini lebih glossy dan berkilau tanpa mengurasi rasanya yang seperti bahan kulit asli. Selain ketahanannya lebih kuat, semakin keras material PVC, maka akan menampilkan kilau yang semakin jelas dan terlihat lebih ‘plastik’.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Secara umum, bahan-bahan diatas sering dijadikan sebagai pelapis furnitur terutama bahan pelapis dudukan dan kulit sofa. Semoga informasi bahan kulit yang sering dimanfaatkan sebagai pelapis furnitur diatas bisa menjadi referensi pertimbangan bagi Anda dalam memilih jenis furnitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *