Inilah 5 Motif Ukiran Khas Daerah yang Populer di Nusantara

Motif seni ukiran khas daerah adalah salah satu jenis seni rupa yang diterapkan dalam berbagai karya untuk semakin mempercantik hasil karya tersebut. Beragam jenis motif ukiran ini juga telah populer baik di Indonesia sendiri dan sampai ke mancanegara. Hasil karya seni ukir lebih sering disebut dengan ukiran, seni yang satu ini memiliki arti yaitu sebuah gambar atau pola yang kemudian direalisasikan pada berbagai macam media seperti kayu, batu, dan media lainnya yang memungkinkan untuk diukir. Seni ukir juga termasuk ke dalam jenis karya seni yang berwujud 3 dimensi. 

Karena Negara Indonesia sangat luas, maka seni ukir juga terus bermunculan dari berbagai daerah yang biasa digolongkan berdasarkan macam atau jenisnya. Setiap ukiran yang berasal dari daerah tertentu, sudah pasti memiliki filosofi dan arti yang berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing. Lalu apa saja jenis seni ukir tersebut, simak ulasan berikut ini:

 Inilah 5 Motif Ukiran Khas Daerah yang Populer di Nusantara

  • Motif ukir Toraja. Ciri khas yang paling terlihat dari ukiran khas Toraja adalah warna dasar hitam atau merah yang banyak digunakan sebagai simbol tanah di daerah Toraja. Biasanya motif seni ukir dari daerah ini lebih sering diaplikasikan ke media kayu dan berfungsi sebagai pelengkap hiasan tradisional.
  • Motif ukir Bali. Pulau Dewata memiliki ciri-ciri seni ukiran khas daerah yang banyak diaplikasikan pada media batu dan kayu. Seperti membuat banyak jenis ukiran di batu yang melambangkan dewa atau dewi dari karena penduduk Bali yang mayoritas beragama Hindu dan Budha.
  • Motif ukir Jepara. Sebagai daerah yang terkenal mengolah berbagai jenis kayu hutan seperti jati dan mahoni, Jepara populer dengan seni ukir yang banyak diaplikasikan pada furniture rumah tangga. Ciri khas motif ukir dari daerah ini adalah motif jumbai dan daun yang keluar dari sebuah pangkal daun sebanyak tiga buah.
  • Motif ukir Dayak. Daerah kalimantan yang terkenal dengan suku Dayak banyak menghias rumah dan senjata tradisional dengan berbagai motif ukir. Menurut kepercayaan suku tersebut, ukiran memiliki makna yang sangat sakral dan penting sehingga jarang membuat sebuah motif ukir hanya untuk dijual.

Berbagai macam motif ukir dari berbagai daerah di atas, popularitasnya sudah sangat terkenal di seluruh Nusantara Indonesia bahkan sampai mancanegara. Semua memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang terus dilestarikan di daerahnya masing-masing. Anda bisa menikmati semua karya seni di atas dengan mendatangi setiap daerahnya maupun membelinya di pasar souvenir nusantara jika tersedia.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Itulah 5 motif ukiran khas daerah yang sudah sangat populer di Indonesia, terutama dikalangan para pecinta seni tradisional. Hal paling penting yang bisa Anda lakukan adalah tetap menghargai dan melestarikan semua hasil budaya peninggalan nenek moyang zaman dahulu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *